Long Weekend, Cuaca Pantai Pancer Door Kurang Bersahabat

33

PACITAN – Libur panjang akhir pekan sangat cocok pelesiran. Pun long weekend kali ini. Lonjakan wisatawan hingga dua kali lipat di hampir seluruh objek wisata di Pacitan. Salah satunya di Pantai Pidakan, Godeg Wetan, Jetak, Tulakan. Dalam sehari pengunjung di pantai berbatu tersebut menembus 500 orang. ‘’Kalau liburan seperti ini memang ramai, beda dengan weekend biasa. Rata-rata 100 sampai 200 pengunjung,’’ ujar  Sutarni, penjaga loket objek wisata ini.

Menurut meski jumlah pengunjung tinggi, namun beberapa hari terakhir kondisi ombak di perairan Pacitan kurang bersahabat. Sejak kamis (18/4) lalu tinggi gelombang mencapai 2,5 hingga tiga meter di sekitar pantai. Semakin ke tengah, bisa mencapai empat meter. Sehingga menciutkan nyali siapa saja ingin mendekati laut. ‘’Wisatawan kami larang mendekati pantai. Hanya boleh menikmati keindahan alam dari jarak aman,’’ terangnya.

Hal serupa juga berlaku untuk pengunjung Pantai Pancer Door, Ploso, Pacitan. Meski kerap jadi lokasi surfing lantaran memiliki ombak tinggi dan panjang. Namun, beberapa hari terakhir kondisi gelombang membahayakan. Gulungan ombak tinggi acap terjadi hingga ke bibir pantai. Pun dibarengi pasang air laut, sehingga  empasan ombak lebih kuat. ‘’Lumayan tinggi, padahal sudah jauh-jauh dari Ponorogo datang ke sini,’’ ujar Melinda, salah seorang wisatawan.

Meski gagal bermain air, dia tak kapok berwisata ke Pancer Door. Sepoi angin laut ditambah rindangnya cemara laut jadi bonus. Kondisi tersebut cocok untuk bersantai melepas penat. ‘’Memang rencananya mau main air, tapi lihat ombak seperti itu jadi gak berani,’’ ungkapnya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Radite Surya Anggono juga menyebut kondisi perairan Pacitan memang kurang bersahabat sejak beberapa hari terakhir. Selain sedang pasang, peralihan musim penghujan ke kemarau membuat angin berhembus kencang.

Pun membuat kondisi gelombang laut meninggi. Pihaknya memprediksi tinggi gelombang mencapai dua sampai empat  meter di beberapa pantai. Dia mengimbau wisatawan di pantai lebih waspada. ‘’Hindari bermain air karena bahaya dan selalu taati peraturan dari pengelola wisata setempat,’’ papar Radite.

Sejatinya, Pantai Pancer Door lebih ramai pengunjung ketimbang hari biasanya. Meski ombak tinggi, namun ada sebagian wisatawan yang nekat bermain di bibir pantai. Tak hanya dewasa, anak-anak juga berkejaran dengan ombak. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here