Madiun

Lokasi Tes CPNS Pindah ke API

Jaringan dan Sarpras Lebih Lengkap dari Wisma Haji

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Lokasi pelaksanakan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dipastikan di Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun. Itu sesuai rapat persiapan teknis yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Madiun. ‘’API sudah teruji menyelenggarakan metode tes seleksi,’’ kata Haris Rahmanudin, kepala BKD setempat, Jumat (15/11).

Selain itu, dari segi sarana prasarana (sarpras) fasilitas penunjang lainnya memenuhi syarat. API juga berpengalaman menggelar seleksi (masuk) taruna yang melibatkan Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Dia menyebut persiapan pelaksanaan seleksi CPNS sudah matang. Mulai pembentukan tim seleksi hingga perangkatnya. Komputer juga sudah siap. ‘’Ada sekitar 100 unit komputer yang kami siapkan untuk tes,’’ ujarnya.

Haris memastikan seleksi kompetensi bidang (SKB) dengan computer assisted test (CAT) dilakukan mandiri masing-masing pemerintah daerah (pemda). Ada juga SKB tambahan berupa kemampuan programming. Tes itu khusus untuk jabatan pranata komputer dan pranata teknologi informasi komputer. ‘’Tahun lalu peralatan berupa jaringan dan komputer disiapkan BKN. Kami hanya menyiapkan tempatnya,’’ ungkapnya.

Pada pelaksanaan CAT CPNS 2018 lalu, peserta dari wilayah eks Karesidenan Madiun bergabung di Wisma Haji Kota Madiun. Kebijakan itu merupakan petunjuk pusat. Namun, kali ini BKD mengusulkan melakukan tes sendiri. Sebab, tahun lalu jumlah pendaftar di Kota Madiun mencapai ribuan orang.

Haris mengungkapkan, pihaknya mengalokasikan anggaran sekitar Rp 700 juta untuk seluruh tahapan seleksi CPNS tahun ini. Tapi, bisa saja membengkak karena proses seleksi CPNS berlanjut sampai awal tahun depan. ‘’Bukan hanya untuk tes. Tetapi, juga kegiatan administrasi dan verifikasi,’’ bebernya.

Di bagian lain, dia mewanti-wanti para pelamar CPNS agar hati-hati. Jangan mudah tergiur penawaran khusus. Apalagi, ada yang mengaku bisa menjamin meloloskan. ‘’Tidak akan ada yang bisa bermain curang,’’ tegasnya sembari meminta tetap mengikuti setiap tahapan seleksi sesuai ketentuan. ‘’Apalagi, saat ini seluruh proses transparan. Tesnya pun online.’’ (her/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close