Logistik Pemilu Dicek Polisi-TNI

23

MAGETAN – Pelaksanaan coblosan pemilu 2019 tinggal hitungan hari. Kemarin (11/4), Kapolres AKBP Muhammad Rifai meninjau kesiapan logistik di gudang KPU di Kelurahan Baron. Seperti diketahui, saat ini seluruh kebutuhan logistik pemilu itu secara bertahap dikirim ke kecamatan.

Dalam inspeksi tersebut, Rifai ditemani oleh Dandim 0804 Magetan Letkol CZI Chotman Jumei Arisandi. Pihaknya juga sempat menyinggung proses pendistribusian logistik di sejumlah desa tertentu. Termasuk antisipasi saat hujan. ‘’Karena kondisi cuaca di Magetan tak menentu, kami pastikan kendaraan distribusi harus sesuai dengan standarnya. Serta dilengkapi pengaman sehingga logistik tidak ada kerusakan,’’ terang Rifai.

Menurut dia, proses distribusi logistik itu sengaja mendapat atensi. Jajaran kepolisian dan TNI bakal mengawalnya. Mulai pergeseran logistik ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) sampai di tempat pemungutan suara (TPS). ‘’Sejauh ini semua berjalan dengan baik. Diharapkan pada hari pencoblosan tidak ada masalah,’’ katanya.

Di wilayah hukum yang dipimpin Rifai, tercatat ada 2.197 TPS. Untuk mengamankan proses pencoblosan, pihaknya mengerahkan 800 personel gabungan. Jumlah itu belum termasuk petugas satlinmas yang disiapkan oleh pemkab. Serta bantuan pasukan dari Satbrimob Polda Jatim. ‘’Untuk pola pengamanannya statis dan dinamis. Nanti ada anggota yang berjaga di sekitar TPS. Beberapa juga bergerak secara mobile,’’ jelas Rifai.

Dalam kesempatan itu, kapolres juga sempat meminta partisipasi masyarakat menjaga kondusivitas lingkungan sebelum dan sesudah pemilu. Pihaknya mendorong kepada siapapun yang mendapati adanya pihak tertentu mengganggu stabilitas keamanan penyelenggaraan pemilu. ‘’Segera laporkan kepada petugas terdekat,’’ ujar Rifai. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here