Lingkungan Sekolah Harus Ramah Anak

86

NGAWI – Sertifikat ramah anak yang diterima SDN 1 Margomulyo membuat sekolah tersebut merasa perlu memberi contoh kepada lembaga lainnya. Kali ini dengan mengundang sekitar 250 orang tua dari 15 taman kanak-kanak (TK) se-Kecamatan Ngawi.

Mereka diberi solialisasi tentang sekolah ramah anak. Dengan harapan memahami pentingnya salah satu program pemerintah untuk mendukung kabupaten/kota ramah anak tersebut. ‘’Kami ingin menunjukkan kepada orang tua bahwa sekolah ramah anak itu penting,’’ kata Kepala SDN 1 Margomulyo Winartiningsih kemarin (21/3).

Winarti menyebut, SDN 1 Margomulyo merupakan satu-satunya sekolah dasar di Ngawi yang sudah bersertifikat ramah anak. Sertifikat itu diterimanya beberapa waktu lalu dari Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono bersamaan sejumlah sekolah lain untuk jenjang berbeda.

Dia menjelaskan, sekolah ramah anak hampir sama dengan sekolah pada umumnya. Yang membedakan adalah pelayanannya terhadap anak. Baik dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM) maupun pelayanan lain di sekolah. ‘’Ada beberapa indikator, salah satunya mengenai penyediaan fasilitas umum yang ramah anak,’’ sebutnya.

‘’Tenaga pendidik kami semuanya sudah mendapatkan pelatihan tentang sekolah ramah anak. Dan, pemerintah daerah berharap kami bisa jadi percontohan bagi sekolah-sekolah lain, apalagi sekarang juga ada program Kabupaten Ngawi Ramah Anak,’’ imbuh Winarti.

Dalam pertemuan kemarin juga disosialisasikan mengenai sekolah adiwiyata. Kebetulan SDN 1 Margomulyo telah menyandang predikat sekolah adiwiyata tingkat provinsi dan kini tengah bersiap meraih label serupa tingkat nasional. ‘’Kami berharap ke depan SDN 1 Margomulyo tidak hanya menjadi rujukan sekolah ramah anak, tapi juga sekolah adiwiyata, khususnya untuk jenjang SD,’’ harapnya.

Dalam sosialisasi kemarin juga ditampilkan hasil kreativitas siswa SDN 1 Margomulyo seperti tarian dan band. ‘’Sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada para orang tua tentang pentingnya sekolah ramah anak maupun sekolah adiwiyata. Muaranya agar anak lebih nyaman dalam belajar sehingga dapat menunjang prestasi mereka,’’ imbuh Ketua Komite SDN 1 Margomulyo Faisol. (tif/c1/isd/bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here