Lima Titik Rawan Kecelakaan Jalur Cemorosewu Jadi Perhatian

93

MAGETAN – Kesiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran mulai dipetakan oleh Satlantas Polres Magetan. Hasilnya terdapat beberapa jalur blackspot dan kepadatan kendaraan yang menjadi perhatian.

Adapun titik rawan kecelakaan itu tersebesar di beberapa ruas jalan. Seperti jalur Plaosan, Maospati, Karangrejo, Barat dan Gorang-gareng. Selain itu, petugas juga menyiapkan berbagai antisipasi terkait kepadatan arus kendaraan pengunjung yang berwisata di Magetan. ‘’Kami akan perbanyak pengamanan di Cemorosewu. Karena jalur itu paling banyak dilalui masyarakat untuk mudik maupun berwisata,’’ kata Kasatlantas Polres Magetan AKP Himawan Satriawan Minggu (19/5).

Selain rawan kecelakaan dan terjadi kepadatan kendaraan, lanjut Himawan, jalur Cemorosewu juga dinilai rawan praktik kejahatan. Kondisi itu dipengaruhi dengan minimnya lampu penerangan jalan. Sehingga, warga dituntut untuk waspada.

Di samping itu, pihaknya juga menyarankan agar pemudik tidak membawa kendaraan bak terbuka maupun bus dengan kondisi overkapasitas saat melalui jalur Cemorosewu. Karena dikhawatirkan kendaraan tak kuat menanjang mengingat kondisi jalan menanjak dengan elevasi sekitar 90 persen.

‘’Khusus jalan tembus (Cemorosewu), kami sudah minta dishub untuk menambah lampu penerangan. Karena jalur itu paling banyak peminat sehingga sebelum masuk arus mudik sudah terang,’’ jelas Himawan.

Di jalur tersebut, lanjut dia, bakal didirikan pos pengamanan dengan penambahan anggota secara fleksibel untuk mengatur lalu lintas kendaraan. ‘’Saya harapkan dengan apa yang sudah kami rencanakan bisa mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan,’’ ungkapnya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here