Lima Kiper Bersaing Sengit di Bawah Mistar

162

KIPER selalu memainkan peran penting dalam turnamen sebesar Piala Dunia. Karena mereka menjadi pemain terakhir di garis pertahanan. Oleh sebab itu, penampilan seorang penjaga gawang dalam sebuah pertandingan berbanding lurus dengan hasil yang didapat. Bahkan, biasanya kiper sering menjadi kambing hitam atas kekalahan timnya.

Pada Piala Dunia 2018 di Rusia nanti, ada banyak kiper yang siap menunjukkan kehebatannya di bawah mistar. Sportskeeda memprediksi, sedikitnya ada lima penjaga gawang yang berpeluang meraih Lev Yashin Award. Mereka adalah Jordan Pickford (Inggris), Ederson Moraes (Brasil), Thibaut Courtois (Belgia), David De Gea (Spanyol), dan Marc-Andre Ter Stegen (Jerman).

Penampilan cemerlang Pickford bersama Everton pada musim 2017–2018 mampu mengantarkannya terbang ke Rusia. Rekor 92 penyelamatan dan tujuh clean sheet yang dibuat oleh kiper 24 tahun itu sudah membius pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate. Dia memasukkan Pickford sebagai penjaga utama The Three Lions menggantikan peran Joe Hart. ’’Saya puas melihat apa yang Jordan (Pickford) lakukan. Ketika Anda bermain untuk Inggris, jarang sekali ada peluang untuk menciptakan banyak penyelamatan,’’ ujar Southgate kepada Sportsmole.

Optimistis serupa juga dirasakan juru taktik timnas Brasil, Tite. Dia tak segan menunjuk Ederson sebagai kiper utama. Menyisihkan Alisson Becker, penjaga gawang Roma. Keberhasilan Ederson mengantarkan Manchester City sebagai peraih gelar Premier League adalah alasan mengapa Tite memilih kiper 24 tahun itu sebagai penjaga mistar Brasil di Piala Dunia 2018. ‘’Saya yakin Brasil punya pilihan-pilihan bagus untuk posisi kiper. Dan, sekarang saya akan menikmati dan memberikan yang terbaik bagi tim,’’ kata Ederson seperti dilansir dari situs resmi Manchester City.

Peluang mencatatkan penampilan terbaik juga didapat oleh Marc-Andre Ter Stegen bersama dengan timnas Jerman. Apalagi, pada musim ini Ter Stegen sedang dalam performa bagus setelah mengantarkan Barcelona meraih double winners. Bahkan, dia membuat catatan 21 clean sheet dalam 36 pertandingan La Liga yang dijalaninya.

Meski begitu, catatan gemilang Ter Stegen itu belum cukup meyakinkan pelatih timnas Jerman Joachim Loew. Terlebih, Manuel Neuer belakangan sudah sembuh dari cedera yang dialami. ‘’Hal ini baru bisa diketahui dalam beberapa periode ke depan,’’ ucap Loew dikutip dari Algemeen Dagblad.

Potensi mencetak penampilan terbaik juga berpeluang ditorehkan oleh Thibaut Courtois bersama timnas Belgia. Kiper nomor satu Chelsea itu diharapkan bisa menjadi pemain penting di bawah mistar The Red Devils oleh Roberto Martinez.

Harapan sama juga diberikan oleh pelatih timnas Spanyol Julen Lopetegui kepada David De Gea. Lopetegui menyakini De Gea bisa menjadi pemain penting saat timnya mengusung permainan tiki-taka di Rusia nanti.

Oleh banyak pengamat sepak bola, penjaga gawang Manchester United itu ditempatkan di barisan pertama perburuan Lev Yashin Award. Dasarnya catatan 15 clean sheet De Gea bersama Manchester United pada musim ini. Dia juga telah memperoleh tiga penghargaan Matt Busby dan empat kali menjadi kiper terbaik. ‘’Kami telah memutuskan bahwa (kiper) nomor satu akan menjadi milik De Gea,’’ ujar Lopetegui seperti dikutip dari AS. (her/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here