Liga 3 Jatim: Preview Persepon vs Persibo

201

PONOROGO – Jangan dulu coret nama Persepon Ponorogo dari bursa persaingan merebut tiket putaran kedua Liga 3 Jatim. Tim berjuluk Laskar Suromenggolo itu masih punya kans lolos. Kendati kesempatan itu sangat kecil. Syaratnya, mereka bisa menyapu bersih tiga laga sisa dan Persibo Bojonegoro serta Blitar Poetra tergelincir pada sisa laga.

Persepon saat ini mengantongi 11 poin atau tertinggal tujuh poin oleh Persibo. Persoalannya, dua di antara tiga laga sisa Persepon harus dilakoni di luar kandang atau away. Yakni, melawan Persibo sore ini dan Persemag Magetan.

Padahal, Persepon punya catatan tandang yang buruk. Tiga di antara empat laga tandang berakhir dengan kekalahan. Sementara itu, satu laga lainnya berhasil dimenangi. Itu pun mereka raih dari Perspa Pacitan yang menghuni dasar klasemen.

Nah, laga tandang terdekat adalah melawat ke Stadion Soemantri Brojonegoro untuk menghadapi Persibo. Boleh dibilang itu laga hidup mati bagi Persepon. Sebab, jika mereka gagal meraih poin sempurna, kans lolos ke babak selanjutnya bakal tertutup. ‘’Sebenarnya masih belum. Kami coba mencari peringkat ketiga terbaik,’’ kata Manager Persepon Adi Mustiko, Selasa (17/7).

Adi menyatakan, secara teknis timnya tak memiliki persoalan. Namun, faktor mentallah yang menjadi kendala. Menurut dia, Trian Wicaksono dkk kerap gugup jika bermain di luar kandang. Nah, menjelang lawatan ke Bojonegoro, faktor mental menjadi fokus pembenahan. ‘’Ini yang harus kami atasi agar mental pemain tidak drop saat menghadapi Persibo,’’ ujarnya.

Saat menjamu Blitar Poetra pada akhir pekan lalu (15/7), Persepon hanya bisa bermain seri 1-1. Adi menilai kualitas Persepon sebenarnya tak jauh berbeda dengan Blitar Poetra. Bahkan, bila dicermati, seharusnya tim besutan Adi Pristiono saat itu bisa menang. Hanya karena keteledoran pemain belakang membuat harapan itu menjadi buyar. ‘’Kami memang kecewa dengan hasil yang didapat saat melawan Blitar Poetra. Karena diawali dengan kesalahan kecil pemain belakang kami. Tapi, kami akan evaluasi itu saat melawan Persibo besok (hari ini, Red),’’ bebernya.

Di sisi lain, pelatih Persibo Bojonegoro Jordi Kartika Asmara menilai materi pemain Persepon cukup bagus. Mereka dianggap bisa menyulitkan skuadnya. Karena itu, teknik dan strategi khusus sudah dirinya siapkan saat menjamu Persepon sore nanti. ‘’Kami tetap harus waspada dan tampil semaksimal mungkin. Karena mereka bisa saja menyulitkan kalau kami tidak bekerja keras,’’ tutur pelatih asal Kota Malang itu. (her/c1/rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here