Lewat Jalan Raya, Kereta Kelinci Ditilang

133

MAGETAN – Larangan pengoperasian kereta kelinci di jalan raya diberlakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan. Jika mereka nekat, petugas akan menindak dengan memberikan surat tilang. ‘’Sosialisasi sudah dilakukan beberapa kali di beberapa paguyuban. Tidak ada alasan bagi pemilik kereta kelinci untuk tidak mengetahui peraturan,’’ kata Kabid Angkutan dan Keselamatan Transportasi Dishub Magetan Sungkono.

Langkah tegas itu dilakukan untuk menekan angka kecelakaan. Sebab, kendaraan tersebut sudah dimodifikasi dengan kapasitas penumpang yang kerap berlebihan. ‘’Kami berikan arahan untuk mematuhi jalur sesuai ketentuan,’’ ujarnya.

Sungkono menyatakan kereta kelincir hanya bisa beroperasi di alun-alun dan taman wisata study lingkungan (TWSL). Di luar tempat itu, kereta kelinci dikenai sanksi tilang.

Menurut dia, izin operasional kereta kelinci di berikan secara khusus oleh pemkab. Yaitu sebagai angkutan wisata. Karena itu, pihaknya berharap agar pemilik kereta kelinci tidak keluar dari trayek wisata yang sudah ditentukan. ‘’Idealnya kereta kelinci hanya dapat dioperasionalkan di wilayah sekitar objek wisata,’’ terang Sungkono.

Terpisah, Kapolres Magetan AKBP Muhammad Rifai mengungkapkan pihaknya bakal mengkaji izin operasional kereta kelinci tersebut. Karena sesuai kesepakatan kereta kelinci diperbolehkan beroperasi hanya di kawasan wisata. ‘’Kami akan kaji dulu. Jika terbukti ada yang melanggar, kami akan lakukan tindakan tegas (tilang),’’ tegasnya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here