Level Sudah Internasional, Jangan Hanya Didiamkan

139

MAGETAN – Kerajinan kulit di Magetan sudah eksis sejak 1960. Jejaknya masih bisa dijumpai sekarang di Jalan Sawo. Kawasan jalan tersebut menjadi sentra. Bahkan, kini menjelma menjadi ikon Magetan. ’’Konsep sudah bagus, ada sentra. Tapi harus dikembangkan lagi dan dipromosikan,’’ kata Direktur Jawa Pos Radar Jember Choliq Baya kemarin (7/2).

Bersama rombongan besar dari grup Jawa Pos Radar (JPR), Choliq Baya berbelanja kerajinan kulit yang sudah kesohor itu. Mata mereka juga dimanjakan dengan berbagai kreasi sepatu, tas, jaket, tas golf, dan lainnya. Untuk harga produk juga terjangkau kocek. ’’Produknya berkualitas tinggi, potensi ini luar biasa,’’ ujar Cho, sapaan akrab Choliq Baya.

Dia menambahkan, produk lokal yang sudah mencapai level internasional itu sungguh luar biasa. Namun, ke depan dibutuhkan konsistensi. Khususnya peran dan campur tangan dari pemerintah daerah (pemda) harus ditingkankan. Khususnya, dari segi pemasaran hingga promosi. Produk-produk tersebut juga bisa dipasarkan atau dipromosikan ke daerah-daerah lain di Indonesia. ’’Pabriknya juga ada di sentra ini, jadi pengunjung bisa belajar langsung. Menjahit, memotong pola, ini menarik,’’ sebutnya. (mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here