Letkol Inf Risa Resmi Gantikan Letkol Inf Eko

217

MADIUN – Tongkat komando Yonif Para Raider 501 Bajra Yudha Madiun hari ini (8/8) resmi berpindah tangan. Posisi Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto resmi digantikan Letkol Inf Risa Wahyu Puji S. ’’Serah terima jabatan (sertijab) ini dalam rangka generasi satuan ke depannya supaya lebih baik,’’ kata Letkol Inf Eko kepada Jawa Pos Radar Madiun kemarin (7/2).

Sesuai surat perintah dari komandan brigadir, penempatan pemindahan jabatan antara pejabat lama dan baru. Mutasi dalam lingkungan TNI merupakan hal yang wajar. Semua dilakukan sebagai wujud pembinaan dan promosi jabatan. ’’Saya menjadi danyonif kurang lebih 17 bulan. Sembilan bulan di operasi, delapan bulan di homebase, dan enam bulan persiapan melaksanakan penugasan operasi di Papua. Praktis saya hanya 3,5 bulan pembinaan satuan,’’ terangnya.

Kendati begitu, bukan menjadi alasan tidak melakukan terbaik di satuannya. Letkol Inf Eko punya kesan sendiri berdinas sebagai danyonif batalyon 5-1 Para Raider. Dia melihat, pasukan tidak terpengaruh gaya hidup perkotaan. Dan, selalu rendah hati dan taat beribadah. ’’Seperti kasus narkotika, tidak ada yang terlibat. Itu yang saya banggakan,’’ ujarnya.

Pun, dia berharap kepada pejabat baru bisa melanjutkan tongkat komando dengan lebih baik. Walaupun dia tidak menampik tantangannya adalah terbatasnya sarana prasarana yang ada. ’’Seperti lapangan tembak, tapi pasukan bisa melakukan tugas dengan baik, dengan berinovasi dan memaksimalkan yang ada,’’ bebernya.

Sedangkan, Letkol Inf Eko akan melanjutkan dinas sebagai komandan Kodim 0907 di Tarakan, Kalimantan Utara. Baginya, jabatan baru ini tantangannya cukup berat. Sebab, perpindahan tersebut merupakan yang pertama baginya keluar dari satuan kostrad. ’’Saya hanya mempersiapkan mental saya, selama 17 tahun berdinas belum pernah keluar kostrad. Jadi harus komunikasi lebih humanis terhadap masyarakat tetapi tidak meninggalkan norma prajuritan,’’ tuturnya sembari menyebut dinas baru berada di pulau terpencil berbatasan langsung dengan Filipina dan Malaysia.

’’Mohon doa restu di tempat baru, doanya supaya diberi kekuatan  amanah, dan barokah bertugas di sana (kodim 0907, Red),’’ ucapnya. (mg2/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here