Lesus Ngamuk di Watukarung, Bakal Resto Ambruk, Empat Warung Mawut

105

PACITAN – Belum sempat digunakan, restoran Wiyono rata tanah. Bangunan semipermanen di Pantai Blosok, Watukarung, Pringkuku, Pacitan, itu ambruk diterjang angin kencang Rabu petang (23/1). Bahkan, beberapa batang kayu material bangunan diterbangkan lesus yang mengamuk. ‘’Sudah rusak semua, padahal belum sepenuhnya jadi,’’ kata Wiyono kemarin (24/1).

Rencananya, bangunan berukuran 6×10 meter itu untuk membuka small resto. Sedangkan bangunan penginapan telah selesai dibangun beberapa waktu sebelumnya. Namun, lantaran tak berdinding, resto itu terangkat dan diempaskan angin pantai. Sementara bangunan lainnya selamat dari amukan angin. ‘’Cuma ini (resto, Red), yang lain masih aman,’’ ujar warga Solo, Jawa Tengah, ini.

Dia hanya bisa pasrah dan berencana membangun ulang dengan dinding semen. Ukurannya juga bakal diperkecil guna mengantisipasi kejadian serupa. Pasalnya, berbeda dengan bangunan lain di sekitar pantai tersebut, lokasi resto Wiyono tepat di tengah lahan terbuka yang luas. Hingga angin kencang leluasa menerjang. ‘’Dibersihkan dulu dari puing-puing material bangunan,’’ terangnya.

Kepala Desa Watukarung Wiwit Pheni menambahkan, beberapa warung di Pantai Watukarung juga mawut. Salah satunya bahkan nyaris roboh lantaran sebagian besar atapnya lenyap. Selain itu, tiga warung lainnya rusak ringan. Genting beterbangan. ‘’Memang anginnya kencang kemarin, bahkan seperti puting beliung,’’ ungkapnya.

Menurut dia, beberapa warga sempat melihat angin berputar-putar di sekitar permukiman dekat pantai. Beruntung, pusaran angin tak membesar. Namun, sempat membuat warga setempat waswas lantaran bersamaan hujan dan listrik padam. ‘’Untungnya hanya sedikit yang rusak. Sampai saat ini belum ada laporan pohon tumbang di Watukarung,’’ sebutnya.

Pantauan di lokasi kemarin, sejumlah warung dan resto yang rusak diperbaiki pemiliknya masing-masing. Para pedagang lainnya memilih tutup dan mengosongkan warung untuk meminimalkan kerugian. Mereka khawatir kejadian serupa bakal kembali terjadi. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here