Lelang Pasar Legi Songgolangit Belum Dilunasi

146

PONOROGO – Tenggat pelunasan lelang pembongkaran Pasar Legi Songgolangit tinggal empat hari. Kamis depan (7/2) pemenang lelangnya wajib melunasi. Jantung ekonomi Bumi Reyog itu ditarget rata tanah akhir bulan ini. ‘’Masih ada waktu (untuk pelunasan, Red). Sebagian dana sudah disetorkan ke kas daerah,’’ kata Kepala BPPKAD Bambang Tri Wahono kemarin (3/2).

Terlepas dari beda versi gelontoran anggaran dari pusat, pembangunan pasar yang sempat terbakar itu segera dimulai. Bambang belum dapat memastikan kapan pelunasan lelang yang dimenangi Andika Pratama, 24, makelar pembongkaran aset asal Solo, itu. Andika diwajibkan membayar sesuai besaran penawarannya yang telah terkunci lelang Rabu lalu (30/1) senilai Rp 759 juta. ‘’Pelunasan maksimal lima hari kerja setelah lelang,’’ ujarnya.

Jaminan yang dipersyaratkan untuk mengikuti lelang sebesar Rp 350 juta. Siapa pun yang mengikuti lelang pembongkaran Pasar Legi Rabu lalu wajib menyetorkan uang dengan besaran nominal tersebut. Andika juga diwajibkan menyetorkan jaminan pelaksanaan senilai Rp 100 juta. ‘’Andika sudah setor Rp 450 juta. Kalau diambilkan dari persyaratan jaminan, ya tinggal kekurangannya,’’ terangnya.

Sebenarnya, pemenang lelang diharap segera melunasi pembayaran lelang supaya pembongkaran kompleks pasar seluas 8.652 meter persegi itu segera dimulai. Terhitung kemarin, waktu tersisa kurang dari empat minggu. ‘’Sempat ada pertanyaan dari peserta lelang dulu, ada perpanjangan waktu pembongkaran atau tidak. Kalau itu, tinggal kebijakan pimpinan (bupati, Red). Prinsip, hitungan minggu kami menilai bisa selesai,’’ pungkasnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here