Legit Bisnis Penganan Tradisional

71

JENANG Candi merupakan salah satu produk makanan olahan khas Magetan. Siapa sangka, sosok di balik popularitas penganan tradisional itu adalah seorang perempuan. Adalah Mursiyam yang merintis usaha jenang Candi hingga kini mampu meraup omzet puluhan juta per bulan.

Mursiyam memulai usaha jenang Candi pada 1986 silam. Didasari keinginan menambah pemasukan keluarga serta menyekolahkan anaknya hingga jenjang perguruan tinggi. Sekaligus mengenalkan kembali makanan tradisional yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda itu. ‘’Awalnya jualan di Pasar Plaosan,‘’ katanya.

Kini dalam sehari tempat usahanya rata-rata memproduksi 40 kilogram jenang. Proses produksi ditangani sekitar 20 karyawan yang mayotitas merupakan warga sekitar. ‘’Penjualannya hanya lokalan, kecuali kalau ada pesanan,’’ ujarnya sembari menyebut sejak awal tidak mengubah cita rasa khas jenangnya.

Belakangan, selain jenang Mursiyam juga memproduksi camilan lain seperti keripik, kue basah, hingga jenang wajik. Pun kini memiliki dua toko, masing-masing di jalur utama Magetan-Sarangan dan jalan tembus.

Bagi Mursiyam, kunci utama membangun sebuah brand adalah keberanian berpikir out of the box. Pun dia tidak segan menularkan kiat suksesnya kepada warga sekitar. Juga memberikan motivasi agar kelak menjadi pengusaha makanan ringan sukses seperti dirinya. (mgc/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here