Legislatif Siap Bahas Raperda Tera Ulang

63
BAHAS: Wakil Ketua DPRD Slamet Hariyanto dan Anik Suharto saat memimpin rapat bamus, Jumat lalu (8/3).

PONOROGO – Pembahasan rancangan perda (raperda) tentang pelayanan tera ulang di parlemen kembali melangkah. Setelah sempat tertahan, produk hukum yang bertujuan memberikan perlindungan konsumen itu dibawa ke rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Ponorogo, Jumat lalu (8/3).

Hasilnya, raperda yang berkaitan dengan transaksi jual beli di pasar tradisional itu menjadi prioritas pembahasan pada Maret 2019. Tapi, sebelum itu anggota DPRD Ponorogo bakal menggelar reses dan mengikuti musrenbang tingkat kabupaten.

Wakil Ketua DPRD Ponorogo Anik Suharto mengatakan, raperda tentang tera ulang penting untuk dilakukan pembahasan segera. Sebab, kebutuhan pengusaha dan pedagang atas layanan itu sudah sangat mendesak. ‘’Supaya alat ukur takar dan timbang yang digunakan tepat,’’ katanya kepada Radar Ponorogo kemarin (11/3).

Seperti diketahui, dalam draf raperda itu disebutkan bahwa tera ulang menguntungkan pemerintah daerah. Retribusi layanan itu berpotensi menambah pendapatan asli daerah (PAD). Lebih penting bagi legislatif adalah menitikberatkan aspek layanan publik. ‘’Untuk memberikan perlindungan kepada konsumen dan produsen dalam bertransaksi jual beli,’’ ujar Anik.

Kewenangan tera ulang sebelumnya ditangani pemerintah provinsi. Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014, kewenangan itu diserahkan ke daerah. Namun demikian, tidak semua daerah memiliki regulasi dan perangkat untuk membuka layanan tersebut. Mereka belum bisa melayani pengusaha maupun pedagang yang butuh tera ulang. ‘’Saat paripurna nanti juga akan dibentuk panitia khusus (pansus) untuk membahas lebih mendetail tentang raperda tersebut,’’ terang politikus Partai Gerindra itu.

Kendati begitu, rapat bamus tiga hari lalu merupakan hasil tindak lanjut dari rapat yang sebelumnya sudah dua kali batal digelar. Anik beralasan karena sejumlah anggota DPRD Ponorogo masih disibukkan dengan beberapa kegiatan di luar kelembagaan.

Pada Maret 2019, selain pembahasan raperda tentang tera ulang, anggota DPRD Ponorogo bakal menggelar reses dan mengikuti musrenbang tingkat kabupaten. (naz/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here