Pacitan

Lebaran, Rastra Diganti Kartu

PACITAN – Lebaran nanti warga kurang mampu tak akan menerima beras sejahtera (rastra) jatah bulanan mereka. Itu lantaran pemerintah mengganti sistem penyalurannya dengan bantuan pangan non-tunai (BPNT) mulai awal Juni mendatang. Sehingga, jatah beras diganti kartu untuk membeli bahan pokok. ‘’Rencananya nanti dapat ditukar beras dan telur,’’ kata Kabid Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Pacitan Subiyanto Minggu (26/3).

Dia menyebut di Pacitan terdapat 45.650 fakir miskin penerima BPNT. Jumlah tersebut telah diverifikasi Kementerian Sosial beberapa waktu lalu. ‘’Ada yang ganti nama dan alamat. Jumlahnya tak seberapa. Target kami Juni nanti sudah selesai semua,’’ jelas Subi, sapaan akrabnya.

Berbeda dengan rastra yang dibagi di titik tertentu, BPNT bakal dimanfaatkan para penerima secara mandiri. Warga dapat mengambil bahan pokok sesuai kebutuhan di tempat yang telah disepakati. Per bulan bakal menerima Rp 110 ribu yang langsung masuk di kartu masing-masing. ‘’Modelnya mirip kartu kredit. Kami bekerja sama dengan bank untuk penyediaan alatnya,’’ terang Subi.

Dia optimistis lancar lantaran sudah ada program serupa sebelumnya. Namun, dia tak menampik ada kendala di lapangan. Antara lain tak semua penerima melek teknelogi, pun lokasi yang sulit dijangkau serta minim sinyal jadi  problem pengambilan bantuan. ‘’Kami akan mengumpulkan secara kolektif untuk diambilkan bila diperlukan,’’ ungkapnya.

Terkait nasib rastra, Subi menyebut program tersebut masih berjalan. Pun penyalurannya telah dilakukan. Namun, dia memastikan mulai 1 Juni diganti kartu BPNT. Sementara warga yang belum mengambil rastra bulan ini bakal digantikan BPNT Juni nanti. ‘’Sesuai kebtuhan. Jadi bisa diambil satu atau dua kali dalam sebulan selama saldo masih ada,’’ pungkas Subi. (gen/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close