Layanan Trouble, CJH Langsung Panik

66

MAGETAN – Pembayaran biaya pelunasan ibadah haji (BPIH) terhambat. Pada hari ketiga layanan justru terjadi trouble. Kondisi itu membuat panik sejumlah calon jamaah haji (CJH). ’’Sejak pagi kami menerima keluhan dari para jamaah,’’ kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Magetan Yun Isnaini.

Yun segera mencari tahu permasalahan yang dialami. Namun, pihak Bank Jatim masih belum memberikan jawaban. Memang, rentang waktu pelunasan BPIH tahap pertama ini masih panjang. Yakni, hingga 15 April mendatang. Namun, kebanyakan para CJH lebih suka membayar pada awal waktu pelunasan yang ditetapkan. Diduga, itulah yang membuat terjadinya trouble pada Bank Jatim. ’’Karena banyak transaksi yang dilakukan pada satu hari itu. Biasanya seperti itu,’’ ungkapnya.

Memang, trouble yang dialami Bank Jatim tidak berdampak serius. Sisa BPIH yang harus dibayar CJH tetap bisa diserahkan kepada pihak bank. Hanya, print out bukti pelunasan itu masih belum bisa diberikan kepada CJH. Sehingga, CJH masih belum bisa menunjukkan buktinya kepada Kemenag Magetan. Namun, untuk bank lainnya, Yun tidak menerima pengaduan dari para CJH. ’’Error seperti ini kan biasa. Tidak sampai berhari-hari sudah kembali lagi,’’ terangnya.

Yun menambahkan, tahun ini pelunasan BPIH jauh lebih lancar ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Sebab, hanya satu bank yang mengalami masalah. Sedangkan tahun-tahun sebelumnya, hampir semua bank yang bisa melayani pembayaran haji mengalami masalah. Sehingga, dia optimistis pelunasan BPIH tahun ini tidak akan menemui banyak masalah. ‘’Tahun ini ada kemajuan. Karena sudah ada antisipasi dari pihak bank,’’ terangnya.

Hingga hari ketiga pelunasan BPIH, baru sebanyak 53 CJH yang membayar. Yakni, dari total kuota yang didapat Magetan sebanyak 403 CJH reguler dan 16 CJH cadangan yang bisa melunasi BPIH pada tahap kedua. Namun, pelunasan tahap pertama itu baru bisa dilaksanakan pada hari kedua. Pada hari pertama, semua CJH sedang menjalani perekaman biometrik. ‘’Hari ini (kemarin, Red) sudah bertambah lagi,’’ katanya.

Sementara itu, pihak Bank Jatim membenarkan jika sistem sedang mengalami kendala. Namun, trouble pada pelunasan BPIH itu tidak berlangsung lama. Hanya dalam hitungan menit, para CJH sudah bisa melakukan pelunasan kembali. Sehingga, tidak mengganggu pelayanan pelunasan BPIH. ’’Sudah kembali lagi seperti bisa. Tidak lama, kok,’’ terang internal Bank Jatim yang enggan dikorankan namanya. (bel/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here