Mejayan

Lawan Kemaksiatan, Puluhan Lampu LED Siap Terangi Ruas Saradan

MEJAYAN – Gulita di wilayah Saradan, Kabupaten Madiun, coba dikikis. Dinas perhubungan (dishub) memasang puluhan lampu jenis light emithing diode (LED) untuk ruas Jalan Raya Saradan yang berbatasan dengan Nganjuk tersebut. Keberadaan peranti cahaya itu sekaligus untuk menerangi kompleks warung yang terindikasi sebagai lokasi prostitusi di Desa Pajaran, Saradan. ‘’Ini program tahunan yang kebetulan mendukung upaya penanggulangan kawasan tidak sesuai peruntukannya,’’ kata Kepala Dishub Kabupaten Madiun Kurnia Aminulloh Senin (20/5).

Kurnia menyatakan, puluhan lampu penerangan jalan umum (PJU) ditempatkan di sepanjang median menuju Wilangan, Nganjuk. Totalnya 62 lampu di 31 titik lokasi tersebut. Lokasinya sengaja ditempatkan di wilayah perbatasan karena masuk dalam skala prioritas pertama. Pemkab berusaha memunculkan kesan yang baik kepada seluruh pengguna jalan dari arah Surabaya yang hendak masuk Kabupaten Madiun. ‘’Pemasangan lampu sedang diproses dan komunikasi dengan PLN Nganjuk untuk pengaliran listrik,’’ ujarnya.

Saradan adalah salah satu lokasi dari 300 titik penempatan ratusan lampu yang ditebus tahun ini. Dishub juga akan memasang lampu LED di 100 titik sepanjang jalan pintu exit tol Caruban hingga Mejayan. Selebihnya, disebar di wilayah perbatasan Ponorogo dan Magetan yang tidak jauh dari kesan imej gelapnya. Lokasi lainnya adalah tempat fasilitas publik seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan. ‘’Seperti depan RSUD Dolopo dan kantor Camat Balerejo,’’ sebutanya kepada Radar Caruban.

Kurnia telah membuat kerangka rencana menjadikan Kabupaten Madiun ini lebih terang dalam tiga tahun. Target tersebut ditetapkan dalam tiga skala prioritas pekerjaan dengan mempertimbangkan kecukupan anggaran. Prioritas pertama membuat terang masing-masing pintu masuk kabupaten ini di tahun ini. Tahun depan masuk pelaksanaan prioritas kedua dengan menambah lampu PJU untuk ruas jalan protokol di dalam kota dan kecamatan. Sedangkan ketiga proses penyempurnaan. ‘’Arahnya agar Caruban ini menjadi terang dan segera menjadi kota yang ramai,’’ ujarnya.

Dishub memilih pengadaan lampu PJU jenis LED ketimbang lampu panel surya. Sebab lebih tahan lama meski menggunakan tenaga listrik. Organisasi perangkat daerah (OPD) itu menilai cahaya lampu solar cell cepat redup. Kendati baru setahun digunakan. Sedangkan lampu LED bisa bertahan tiga hingga lima tahun. ‘’Penggunaan LED juga bisa menekan biaya operasional dalam setahun,’’ tuturnya. (cor/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close