Ngawi

Lahan Beres, Overpass Lanjut 

NGAWI – Tol Ngawi-Mantingan segera diresmikan. Itu seiring progres positif pembebasan lahan overpass di Desa Kedungharjo, Mantingan, yang selama ini jadi ganjalan. Puluhan warga terdampak infrastruktur jalan bebas hambatan itu telah membubuhkan tanda tangan sebagai kesediaan melepas lahan mereka.  ‘’Pembebasan lahan overpass Kedungharjo II beres beberapa hari lalu, sekarang tinggal Kedungharjo I,’’ kata Sekretaris Desa Kedungharjo Gimin.

Pembangunan overpass yang sempat mandek lantaran pengadaan lahan yang alot kini mulai dikerjakan lagi. Gimin menuturkan, sebanyak 18 warga terdampak overpass Kedungharjo sudah sepakat. Mufakat dicapai lantaran ada tambahan ganti rugi tanah Rp 150 ribu per meter persegi. ‘’Itu untuk overpass Kedungharjo I, kalau yang II tambahan ganti rugi Rp 100 ribu per meter persegi,’’ urainya.

Diketahui, penghitungan uang ganti rugi (UGR) yang disodorkan pejabat pembuat komitmen (PPK) tol Rp 420 ribu per meter persegi. Hasil penghitungan tim appraisal itu tidak bisa diganggu gugat. Menurut Gimin, tambahan ganti rugi itu dari pihak pelaksana proyek PT Waskita Karya (WK). ‘’Warga terdampak overpass Kedungharjo I masih menunggu tambahan ganti rugi,’’ ungkapnya.

Sih Wiyono, manajer tol area Solo-Ngawi, berharap pengerjaan infrastruktur tersebut dapat segera dirampungkan. Sebab, tinggal beberapa titik megaproyek nasional tersebut yang belum selesai. Termasuk ruas Ngawi-Mantingan. ‘’Kami sebagai pengelola tidak bisa berbuat banyak dalam hal ini. Kalau sudah diresmikan, baru dilimpahkan ke kami,’’ ujar Sih Wiyono. (mg8/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close