Lab Mangkrak, DLH Magetan Usul Bangun Baru

23
TERTUTUP: Laboratorium DLH yang berlokasi di belakang kantor DPUPR mangkrak karena lama tak difungsikan.

MAGETAN – Proses uji kualitas lingkungan di Magetan cukup boros. Sebab, selama ini dinas lingkungan hidup (DLH) ternyata selalu numpang daerah lain untuk proses pengujian kualitas lingkungan. Padahal, mereka sebenarnya sudah punya laboratorium sendiri. Tetapi jarang dimanfaatkan dan sekarang kondisinya mangkrak.

Hal itu diakui pribadi oleh Saif Muchlissun, kepala DLH Magetan. Dia menyebut bangunan itu sudah dalam kondisi tidak digunakan sejak kali pertama dirinya masuk DLH akhir 2018 lalu. Bahkan, Saif mengaku baru mengetahui keberadaan bangunan itu saat mulai pendataan aset. ‘’Sekarang memang tidak difungsikan. Tidak ada akses kesana,’’ katanya Selasa (23/7).

Untuk itu, dia berencana mengusulkan pembangunan kembali laboratorium baru di lahan kosong dekat kantor DLH. Dengan begitu, proses pengujian kualitas lingkungan tidak lagi menumpang daerah lain. ‘’Kami akan bangun lab baru dan semua aktivitas geser ke lab yang baru,’’ terang Muchlis.

Menurut dia, wacana pembangunan laboratorium DLH baru itu bukan tanpa alasan. Salah satunya karena DLH sudah mempunyai personel yang kompeten untuk melakukan pekerjaan tersebut. ‘’Personel ada dan siap,’’ ucap mantan Kabag Humas dan Protokol itu.

Guna menunjang kinerja, lanjut Muchlis, fungsi bangunan laboratorium nanti bakal diubah menjadi unit pelaksana teknis (UPT). Dengan demikian, bisa melakukan pengujian kualitas lingkungan secara mandiri. ‘’Hasil uji labnya juga resmi,’’ ungkapnya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here