KriminalitasPonorogo

Kuras Rp 10 Juta, Residivis Didor

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Penyakit panjang tangan Eko Suyono kambuh. Baru setahun bebas dari penjara, warga Desa Purwosari, Babadan, Ponorogo, itu nekat mencuri tas milik Marsih, pemilik Pertamini di Jalan Letjen Soeprapto, Ronowijayan, Siman, 5 Oktober lalu. Tiga belas hari berselang, pria 35 tahun itu ditangkap Satreskrim Polres Ponorogo di rumahnya. ‘’Di dalam tas ada barang berharga yang kalau ditotal sekitar Rp 12 juta,’’ kata Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto Minggu (20/10).

Kasus ini bermula ketika Marsih pergi salat dan meninggalkan Pertamini dalam kondisi tidak terjaga sekitar pukul 18.50. Di saat bersamaan, tersangka datang berniat mengisi bensin. Namun, karena kondisi sepi, muncul inisiatif mencuri. Apalagi pintu pom mini itu tidak terkunci. ‘’Tersangka mengambil tas korban yang diletakkan di bawah bantal,’’ ujarnya.

Setelah mengambil tas, tersangka langsung kabur. Belakangan terungkap keinginan mengisi bensin hanya modus. Sedangkan Marsih yang mengetahui tasnya raib langsung panik. Sebab, di dalamnya ada dompet berisi uang tunai Rp 500 ribu dan ATM dengan saldo Rp 10 juta. Juga dua buah cincin seberat dua gram. ‘’Korban lantas melapor ke Polsek Siman,’’ lanjut kapolres.

Polisi berhasil menangkap tersangka bermodal kamera pengawas di sekitar Pertamini. Rekaman CCTV menjadi petunjuk penting mencari keberadaannya. Jejaring informasi juga disebar. ‘’Ketika hendak ditangkap, pelaku sempat melawan. Petugas akhirnya menembak kaki kirinya,’’ papar Arief.

Kepada penyidik, tersangka mengaku menguras duit ATM. Sebab, di dalam dompet terdapat  lembaran kertas berisi nomor pin. Duit digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Juga membeli satu unit televisi 24 inci serta speaker aktif. Barang elektronik itu dijadikan barang bukti (BB) hasil kejahatan. Polisi juga menyita uang tunai Rp 700 ribu yang tersisa dari pelaku. Juga BB sepeda motor Suzuki Shogun sebagai alat melakukan pencurian. ‘’Tersangka dijerat pasal 362 KUHP tentang Pencurian,’’ sebut Arief. (dil/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
close
PENGUMUMAN
Close