Ponorogo

Kurangi Penggunaan Plastik, Karang Taruna di Ponorogo Siapkan Daun Jati dan Besek Buat Wadah Daging Kurban

PONOROGO, Jawa Pos Radar Madiun – Kepedulian terhadap lingkungan coba ditunjukkan oleh tiga karang taruna yang tergabung dalam Heppiii Community di wilayah Ponorogo. Seperti menyiapkan wadah untuk daging kurban dari daun jati dan besek (pembungkus) saat Idul Adha Jumat (31/7).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi yang melibatkan 379 komunitas di 42 kota. Total ada sekitar 15 ribu anggota beberapa komunitas besar termasuk di antaranya Heppiii Community ikut berpartisipasi dalam kegiatan kali pertama itu.

Koordinator Heppiii Community Ponorogo dan Pacitan Andri Kristiawan mengatakan, ada tiga karang taruna yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Meliputi Karang Taruna Pokmas Selomulyo, Gambir Sawit, dan Sinoman Singo Taruno.

Untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai saat pembagian daging kurban, kata Andri, pihaknya telah menyiapkan wadah ramah lingkungan dari daun jati. “Untuk pendistribusian hewan kurban di Sinoman Singo Taruno nanti menggunakan daun jati. Tentu ini bisa mengurangi sampah plastik dan akan didistribusikan ke anak yatim piatu serta kaum dhuafa di sekitar lingkungan desa,” katanya, Kamis (30/7).

Sedangkan untuk Selomulyo, lanjut dia, pendistribusian daging kurban akan menggunakan besek. “Anyaman bambu ini tentunya bisa mengurangi limbah plastik dan akan disalurkan ke pondok pesantren Insan Mulia,” terang Andri.

Sementara, Karang Taruna Sinoman Singo Taruno akan mendistribusikan daging kurban kepada masyarakat terdampak Covid-19. Selain itu, hasil pembelian hewan kurban juga akan diwujudkan dalam bentuk sembako untuk donasi masyarakat tidak mampu.

“Praktiknya mereka akan membeli hewan kurban kepada peternak di desa. Selanjutnya peternak akan menyisihkan sebagian keuntungannya untuk membeli sembako bagi warga tidak mampu. Inilah bukti kearifan lokal yang terus kami jaga di desa,” ujarnya. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close