Kurang 24 Jam, Tiga Kali Gempa Guncang Pacitan

142

PACITAN – Gempa mengguncang Pacitan sekitar pukul 23.06 Kamis (18/4). Pusat gempa berkekuatan 4,4 SR di barat daya Pacitan. Persisnya 10,86 lintang selatan dan 110,68 bujur timur. Atau berada sekitar 301 kilometer dari Pacitan. ‘’Bahkan dua kali dalam semalam,’’ kata Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Radite Suryo Anggono kemarin (19/4).

Radite memastikan meski hampir mendekati 5 SR namun lantaran pusat gempa jauh di tengah Samudera Indonesia getarannya tak begitu terasa di darat. Pun kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Sehingga, pergeseran lempeng bumi itu tak disadari. Hingga kemarin pihaknya belum mendapat laporan dampaknya. ‘’Termasuk dari wilayah Sudimoro yang relatif  terdekat dengan pusat gempa,’’ ujarnya.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika menyebut gempa di dasar laut itu tak berpotensi tsunami. Karena itu, BPBD minta warga tak panik menanggapi isu-isu yang mungkin beredar. Pun gempa semacam ini acap terjadi lantaran pergeseran lempeng Indo-Australia di selatan Pulau Jawa. ‘’Di laut, bukan di darat. Jadi dampaknya beda,’’ paparnya.

Tak hanya sekali, 30 menit sebelumnya gempa 3,4 SR juga terjadi di dasar Samudera Indonesia. Pusatnya di  8,99 lintang selatan dan 110,55 bujur timur, atau 106 kilometer barat daya Pacitan. Meski lebih dekat ketimbang setelahnya, namun getaran juga tak dirasakan warga setempat. Pasalnya, kedalaman lebih dari 10 kilometer di bawah permukaan laut. ‘’Keduanya tak berpotensi tsunami,’’ jelasnya.

Setelah tengah malam itu, sekitar pukul 17.21 kemarin (19/4) gempa kembali terjadi di 71 kilometer barat daya Pacitan. Namun, skalanya lebih kecil, berkisar 2,1 SR. Kedalamannya pun di bawah 10 kilometer dari permukaan laut dan tak berpotensi tsunami. Berdasarkan catatan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBD Pacitan, dalam sebulan terakhir terjadi lima kali gempa di Pacitan. Mayoritas berskala di bawah 5 SR. Pun titik gempa tak jauh dari kedua lokasi tersebut. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here