Madiun

Kuning-Putih-Hitam, Kombinasi Warna Speed Table Sesuai Aturan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun Speed table Jalan Pahlawan mulai dicat Rabu (24/6). Kombinasi warnanya kuning-putih (ukuran 20 sentimeter) dan hitam (ukuran 30 sentimeter).

Kombinasi warna pada gundukan raksasa itu merujuk Permenhub 82/2018 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan. ‘’Pengecatan baru dilakukan pada dua titik speed table,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun Ansar Rasidi Rabu (24/6).

Selain pengecatan speed table, dishub akan menambah utilitas lainnya. Seperti penambahan penerangan jalan dan rambu-rambu permanen. Rambu peringatan batas kecepatan maksimal 30 kilometer/jam yang kini terpasang di tengah jalan hanya sementara. ‘’Nanti masih ada penambahan rambu-rambu lainnya,’’ terang Ansar.

Dishub juga  tengah mengkaji rambu apa saja yang perlu ditambahkan di sepanjang Jalan Pahlawan. Termasuk rambu larangan parkir di beberapa titik. Untuk satu speed table di depan rumah dinas wali kota, rencananya dibangun setelah pembangunan pedestrian selesai. ‘’Pembangunan empat pulau lalu lintas di tengah Jalan Pahlawan juga tidak menyalahi aturan,’’ tegasnya.

Permenhub 82/2018 mengatur pulau lalu lintas sebagai salah satu area jalan yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan. Pulau lalu lintas dibangun di tengah jalan pada area khusus seperti Jalan Pahlawan. Fungsinya serupa median jalan. ‘’Karena Jalan Pahlawan saat ini menjadi area khusus wisata, sehingga dalam manajemen transportasinya boleh dibangun taman di tengah jalan,’’ jelasnya. (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close