Ngawi

Kue Kering Tempe Hasil Inovasi Retno Setyowati

Tempe tidak sekadar enak digoreng. Di tangan Retno Setyowati, bahan dari kedelai itu disulap menjadi kue kering. Penikmat inovasi warga Kelurahan Karangtengah, Ngawi itu datang dari luar Pulau Jawa.

————–

DENI KURNIAWAN, Ngawi

ADA tiga perempuan di ruang yang bising dengan suara mixer. Seseorang yang mengenakan celemek menggenggam alat pengaduk tersebut. Dua lainnya tidak kalah sibuk: mengemas kue dan mengiris tempe dengan hati-hati. ‘’Tempe jadi bahan dasar olahan kue kering di tempat saya,’’ kata Retno Setyowati, pemilik usaha itu.

Retno menekuni bisnis kuliner sejak 2008. Hanya, kala itu dia sekadar memproduksi kue kering yang umum dijual di pasaran. Karena sering mengikuti kegiatan pameran yang diakomodasi Pemkab Ngawi, dia tertantang berinovasi. Hingga akhirnya menemukan ide membuat kue berbahan tempe setelah menggali berbagai referensi pada 2015. Bahan setengah jadi dari biji kedelai itu dipilih karena belum ada pengusaha kue kering yang memanfaatkannya. ‘’Jadi saya yakin akan booming,’’ ucap warga Jalan Trunojoyo, Kelurahan Karangtengah, Ngawi tersebut.

Butuh setengah tahun bagi perempuan 43 tahun itu untuk menemukan resep kue tempe yang pas di lidah. Tempo itu sudah termasuk fase dirundung kegalauan. Alih-alih memproduksi kue kering biasa, dia memutuskan pindah bisnis ke dunia busana. Akan tetapi, keputusannya gantung celemek malah tidak memberikan profit sama sekali. Walhasil, pintu toko baju pun ditutup. ‘’Saya memutuskan kembali membuat kue dan menuntaskan ide yang tidak terselesaikan,’’ kata istri M. Atlu Anwar itu hingga akhirnya sukses menemukan rasa kue tempe yang diinginkan.

Omzet Retno dari kue tempe belasan juta rupiah per bulannya. Penikmatnya datang dari Jakarta, Lampung, dan Kalimantan. Selain untuk oleh-oleh, beberapa ada yang minta disediakan untuk kebutuhan dagang. ‘’Seperti pengiriman tiga bulan sekali ke salah satu restoran di Lampung,’’ ungkapnya. ***(cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close