KPU Targetkan Pleno Penghitungan Suara Rampung 2 Hari

27

PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan tak ingin berlama-lama menuntaskan tahapn Pemilu 2019. Pleno penghitungan suara tingkat kecamatan tuntas Minggu (28/4) lalu. Kemarin (30/4) rekapitulasi tingkat kabupaten langsung digeber. Rencananya bakal digelar dua hari. ‘’Sebenarnya untuk tingkat kabupaten waktunya sampai 7 Mei. Jadi masih panjang,’’ kata Ketua KPU Pacitan Damhudi.

Meski begitu, tak menutup kemungkinan proses rekapitulasi molor dari jadwal. Asumsinya, rata-rata dalam sehari harus menghitung enam  dari 12 kecamatan. Pun pleno rawan keberatan dari saksi peserta pemilu masing-masing kecamatan. Hingga pukul 17.00 hari pertama kemarin, reakpitulasi bisa merampungkan tiga kecamatan. ‘’Yang pertama kami hitung dari Kecamatan Sudimoro,’’ ujarnya.

Untuk meminimalkan petugas dan saksi yang kelelahan, pleno bakal disudahi pukul 21.00. Pertimbangannya, kondisi petugas PPK baru usai rekap tingkat kecamatan beberapa hari lalu. ‘’Jadi,  seumpama dua hari tidak selesai bukan berarti kita melanggar. Sebab, waktunya masih panjang,’’ terang Damhudi sembari menyebut pleno sempat diundur dari semula tanggal 29 ke 30 lantaran menyesuaikan waktu.

Terpisah, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo tak ingin berandai-andai terkait hasil Pemilu 2019 di daerahnya. Pihaknya berharap masyarakat sabar menunggu tahapan yang digelar KPU rampung. Sehingga, hasilnya valid. Meski saat ini banyak bertebaran hasil quick count yang disuguhkan lembaga survei. ‘’Menunggu tahapan dari KPU, semoga berjalan lancar dan aman tak ada halangan,’’ ucap Yudi, di sela meninjau rapat pleno di Hotel Permata, Baleharjo, itu.

Orang nomor dua di Pemkab Pacitan itu mengapresiasi kinerja para petugas penyelenggara pemilu mulai tingkat TPS hingga kebupaten. Dia pun prihatin adanya beberapa petugas yang tumbang hingga jatuh sakit usai betugas. ‘’Nanti akan kami rekap siapa saja yang sakit melalui dinas kesehatan,’’ janjinya.

Jalannya rapat pleno terlihat tegang. Mamun tak sampai ada keberatan berlebih dari para pihak yang hadir. Petugas polres setempat bersiaga mengamankan jalannya penghitungan suara. Pengamanan juga dilakukan di sekertariat KPU, tempat logistik disimpan. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here