KPU Targetkan Entry Data Form C1 Selesai Lima Hari

61

MAGETAN – Gambaran awal perolehan suara partai politik (parpol) pemilu 2019 di Magetan bisa mulai dipantau masyarakat. Setelah KPPS mulai menyerahkan formulir C1 plano ke KPU Magetan Kamis (18/4). ‘’Hari ini mulai bisa dihitung,’’ kata Komisioner KPU Magetan Divisi Teknis Penyelenggaraan, Edi Wiyono.

Sebelum mulai menghitungnya, lanjut dia, kelengkapan dokumen itu bakal dicek terlebih dahulu. Apabila sudah komplet, baru kemudian dilakukan entry data ke sistem informasi penghitungan (situng) suara KPU RI. ‘’Dari situ masyarakat bisa memonitor berapa persentase perolehan suara parpol,’’ jelasnya.

Edi mengungkapkan untuk pemindaian form C1 dibutuhkan waktu sekitar lima hari. Dengan ditangani oleh 25 tenaga kontrak. Mereka bertugas untuk melakukan penscanan dan mengecek kelengkapan dokumen. ‘’Ada 10 scanner yang kami gunakan,’’ ungkapnya.

Dia menambahkan tenaga kontrak itu dipekerjakan lembur. Karena untuk mengejar jadwal rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. ‘’Mudah-mudahan lima hari sudah selesai,’’ harapnya.

Seperti diketahui, Edi menyebut masih ada KPPS yang belum menyerahkan hasil rekapitulasi perolehan suara di TPS sampai dengan kemarin. Kendati demikian, pihaknya tidak mempersoalkan. Sebaliknya, dia menyarankan agar petugas KPPS cermat dalam melakukan penghitungan. ‘’Semakin cepat sebenarnya semakin baik, tapi jangan terburu-buru karena dikhawatirkan terdapat kesalahan,’’ ujarnya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here