KPU Siapkan 15 TPS Tambahan

115

NGAWI – Banyaknya jumlah pemilih pindahan (PPh) di Ngawi memaksa KPU setempat menambah jumlah tempat pemungutan suara (TPS). Diperkirakan kelak ada tambahan 15 TPS yang tersebar di beberapa lokasi.

‘’Setelah kami lakukan pendataan ternyata jumlahnya tidak jauh berbeda dari data awal yang kami himpun melalui PPK (panitia pemilu kecamatan, Red) beberapa hari lalu,’’ kata Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni kemarin (9/2).

Toni -sapaan akrab Syamsul Wathoni- mengungkapkan, dari hasil pendataan KPU hingga Jumat lalu (8/2), jumlah PPh mencapai lebih dari 3 ribu jiwa. Di antaranya, di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1-2 Mantingan sebanyak 2.089. Sementara, yang belum terdata sekitar 370 jiwa.

Begitu juga di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 Karangbanyu jumlahnya mencapai 943 jiwa. ‘’Yang sudah terdata itu berarti sudah mendapat formulir A5 (pindah memilih, Red),’’ jelas Toni kepada Radar Ngawi.

Menurut Toni, jumlah tersebut sudah tereduksi oleh kebijakan pondok yang mengizinkan sekitar 500 santri dari daerah terdekat pulang kelak saat coblosan. Selain dua lembaga tersebut, kata dia, pemilih pindahan dalam jumlah besar lainnya tersebar di Ponpes Asyifa Sine, Ponpes Condromowo Jogorogo, dan Lapas Kelas II Ngawi. ‘’Makanya kami perkirakan jumlah TPS tambahan nanti sekitar 15-20,’’ ujarnya.

Dia menyebut, jika ada tambahan TPS, pihaknya harus membentuk kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) baru. Dari total tujuh anggota KPPS, kelak dua di antaranya diambilkan dari lembaga tempat TPS baru. Sedangkan sisanya dari masyarakat sekitarnya. ‘’Semua akan kami siapkan, tidak ada masalah itu (KPPS, Red),’’ tegasnya. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here