KPU Pacitan Masih Menunggu Surat Suara dan Formulir

121

PACITAN – Komisi pemilihan umum (KPU) daerah lain mulai merakit kotak suara. Dua bulan jelang Pemilu 2019 April mendatang, KPU Pacitan malah masih menunggu kedatangan logistik. Hingga kemarin (13/2) dua item logistik, surat suara dan fomulir, dari KPU RI belum tiba. ‘’Lainnya sudah siap, tinggal tunggu surat suara dan formulir itu,’’ kata Komisioner Divisi Perencanaan, Keuangan, Logistik, dan Urusan Rumah Tangga KPU Pacitan Sulis Styorini.

Meski begitu, lanjut Rini, jadwal saat ini masih sesuai estimasi dari KPU RI. Pasalnya, pihak pusat memilih mendahulukan lokasi terjauh di luar Jawa. Apalagi pendistribusian ke Pacitan diprediksi tak akan butuh waktu lama. Dia memprediksi masih punya waktu lebih untuk menyiapkan logistik sebelum didistribusikan. ‘’Masih cukup waktu,’’ ujarnya.

KPU Pacitan bakal mendapat 470.061 tiap jenis surat suara plus dua persen cadangan di tiap tempat pemungutan suara (TPS). Penyimpanannya di gudang KPU. Pun bakal mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian lantaran tingginya tingkat kerawanan berkas. Sementara, pelipatan bakal dilakukan di gudang. ‘’Lokasi sortir dan lipat di KPU,’’ ungkapnya.

Terkait proses perakitan kotak suara suara, Rini menyebut menunggu seluruh logistik lengkap. Pasalnya, seluruh alat pendukung pencoblosan beserta surat suara bakal masuk ke kotak sebelum dikirim ke tiap PPS di tingkat desa. Rencananya, perakitan dilakukan pertengahan Maret. Itu mengantisipasi rusaknya kotak suara berbahan karton tersebut. ‘’Di sini (KPU, Red) di gudang dan nanti akan langsung dimasukkan tinta dan alat lainnya,’’ paparnya.

Ke-10.053 kotak suara tersebut kini masih disimpan di gudang baru KPU. Untuk mengantisipasi kerusakan pihaknya telah menambah palen di bawah kardus agar tak lembap. Saat ini kotak suara masih dibungkus plastik. Rencananya bakal disebar ke 1.971 TPS. ‘’Kami juga antisipasi dari tikus dan rayap,’’ tuturnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here