Ngawi

KPU Ngawi Dukung Langkah KPU RI

Soal Sanksi bagi Pelanggar Prokes

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Desakan KPU RI soal Perppu Pilkada yang memuat metode dan sanksi pelanggar protokol kesehatan (prokes) selama tahapan kampanye mendapat dukungan dari daerah. KPU Ngawi menilai pemberlakuan sanksi dibutuhkan untuk memaksa semua pihak yang terlibat dalam tahapan tersebut patuh pada ketentuan. ‘’Sanksi adalah salah satu mekanismenya,’’ kata Ketua KPU Ngawi Prima Aequina Sulistyanti kemarin (20/9).

Prima mengungkapkan, perlunya sanksi bagi pelanggar prokes selama tahapan kampanye tidak hanya berkaitan dengan desakan KPU RI kepada pemerintah. Melainkan karena melihat kondisi perkembangan kasus Covid-19 di Bumi Orek-Orek yang terus meningkat. ‘’Siapa saja harus patuh protokol kesehatan. Tidak hanya bapaslon (bakal pasangan calon, Red) dan tim kampanye, tapi semua stakeholder,’’ sebutnya.

Di sisi lain, KPU Ngawi bakal mempertegas kepatuhan terhadap prokes di internal lembaganya. Semua petugas mulai KPPS, PPS, PPK, hingga KPU wajib menaati protokol pencegahan Covid-19. Apalagi, beberapa hari lalu salah seorang petugas PPS dinyatakan terkonfirmasi positif korona. ‘’Semua harus lebih berhati-hati dan patuh protokol kesehatan,’’ pintanya.

Dijelaskan, beberapa hari lalu seorang petugas PPS Desa Mojomanis, Kwadungan, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Sejak dinyatakan terpapar, petugas tersebut langsung menjalani karantina di RSUD dr Soeroto, Ngawi. Begitu juga dua rekan PPS lainnya, meski hasil swab test negatif tetap menjalani isolasi mandiri.

Semua urusan yang berkaitan dengan tugas PPS desa tersebut diambil alih petugas PPK Kecamatan Kwadungan. ‘’Sejauh ini hanya satu kasus. Itu pun belum tentu terpapar saat bertugas sebagai PPS, karena yang bersangkutan diketahui juga jadi pendamping desa dan guru,’’ paparnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close