KPU Mulai Merakit 12.990 Kotak Suara

94

MADIUN – KPU Kabupaten Madiun terus menyiapkan hajatan pesta demokrasi. Sebanyak 12.990 unit kotak suara berbahan karton mulai dirakit kemarin (13/2). ’’Kami perkirakan selesai dalam 10 hari,’’ kata Ketua KPU Kabupaten Madiun Anwar Soleh Azarkoni.

Anwar mengungkapkan, pihaknya melibatkan pekerja dari luar. Setidaknya bakal ada sekitar 20 orang yang akan merakit karton yang dijadikan kotak suara itu. Ada sekitar 12 pekerja yang sudah mulai mengerjakan perakitan. Kemungkinan hari ini akan ditambah sekitar 10 pekerja lagi yang akan membantu pengerjaan. ’’Kami coba maksimalkan sehingga estimasi agar sesuai target,’’ ujarnya.

Pasca dirakit, kotak suara tetap disimpan di gedung Korpri yang berada di kompleks Pendapa Muda Graha. Sejauh ini tidak ditemukan yang rusak. Meski begitu, pihaknya tetap mengantisipasi kerusakan–kerusakan yang mungkin timbul karena kesalahan penyimpanan. ’’Kan nggak boleh basah, kami tetap coba simpan di tempat yang tidak lembap,’’ tuturnya.

Menurut pantauan Radar Mejayan, kotak berbahan dasar karton itu direkatkan menggunakan stapler tembak di beberapa bagian. Butuh sekitar satu hingga dua menit untuk menyelesaikan satu kotak suara. Setelah kotak selesai dirakit, kotak tersebut ditumpuk mencapai delapan tumpuk. Pun, saking kuatnya kotak suara berbahan karton itu, pekerja dengan leluasa melempar kotak ke tempat yang lebih tinggi. ’’Untuk ditata tanpa takut kalau kotak itu terjatuh bakal rusak,’’ ujarnya.

Anwar menyebutkan, tak hanya merakit kotak suara,  tapi kemarin juga diagendakan pengecekan kotak suara. Dari hasil pengecekan memang nihil temuan kotak suara rusak. Menurutnya, gudang penyimpanan memang sudah cocok dengan kebutuhan untuk penyimpanan kotak suara kardus. Selain gudang yang lebar, tampatnya memang aman dari hewan–hewan yang mengancam kotak suara. ’’Bebas tikus, nggak ada rayap,’’ katanya.

Selain mengantisipasi kerusakan kotak suara karena kesalahan penyimpanan, pihaknya juga menjaga keamanan tempat penyimpanan kotak suara. Ada petugas dari pihak kepolisian yang turut menjaga gudang kotak suara. Pun, ada petugas keamanan yang ditugaskan oleh KPU. Dia mengungkapkan bahwa itu sudah cukup untuk mengantisipasi adanya hal–hal tak diinginkan selama proses perakitan dari pukul 08.00 sampi pukul 16.00. ‘’Terus ada penjagaan,’’ ucapnya. (mg4/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here