KPU Kebut Sortir Surat Suara

60

MAGETAN – Tahapan Pemilu 2019 di Magetan terus berlangsung. Kemarin (12/3) surat suara untuk pemilihan anggota DPD RI dan pemilihan presiden (pilpres) sudah datang.

Surat suara yang dicetak di Nganjuk itu dikirim dua mobil boks. Sebanyak 1.087 kardus yang berisi surat suara DPD RI dan 272 kardus berisi surat suara pilpres langsung dimasukkan secara bertahap ke sebuah ruangan di kantor KPU Magetan. Di ruangan tersebut, surat suara nantinya disortir dan dilipat. ‘’Setelah surat suara itu datang, KPU Magetan memilih dan memilahnya terlebih dahulu,’’ kata Ketua KPU Magetan Poppy M.S. Putranto.

Proses penyortiran bakal dilakukan secara saksama oleh 135 tenaga lepas. Warna buram atau pemotongan tidak tepat akan dianggap tidak layak. KPU Magetan akan meminta rekanan untuk menggantinya dengan yang baru setelah melaporkannya lebih dulu ke KPU Jatim. Sebab, pencetakan surat suara memang diatur begitu ketat dan tidak boleh dicetak lebih dari yang disepakati.

Namun demikian, Poppy mengaku belum bisa menginventarisasi berapa jumlah surat suara yang rusak sampai dengan proses penyortiran kemarin. Seperti diketahui, sebelum surat suara DPD RI dan pilpres datang, lebih dulu KPU Magetan telah melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk DPRD kabupaten, DPR RI, dan DPRD provinsi. ‘’Kebanyakan surat suara yang rusak karena ada bercak noda,’’ ungkapnya.

Dia berharap proses penyortiran surat suara bisa selesai pada akhir Maret. Dengan harapan, tidak sampai mengganggu proses pendistribusian ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS).

Perihal pendistribusian surat suara, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI. Poppy berharap bantuan dari dua lembaga itu bisa memperlancar tahapan Pemilu 2019. ‘’Dengan adanya pengaman seperti itu bisa memperkecil adanya kecurangan,’’ terang Poppy. (mgc/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here