KPU Ganti Dipusingkan Surat Suara Pengganti

83

NGAWI – Jatah surat suara Pemilu 2019 semua sudah dikirim ke Ngawi. Namun, bukan berarti masalah terkait salah satu jenis logistik itu selesai. KPU setempat juga harus memastikan kebutuhan surat suara pengganti yang rusak setelah disortir tiba tepat waktu. ‘’Paling lambat 5 April harus sudah diterima (surat suara pengganti, Red),’’ kata Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni kemarin (25/3).

Toni -sapaan akrab Syamsul Wathoni- mengungkapkan, target waktu tersebut cukup realistis. Sebab, proses penyortiran surat suara diperkirakan rampung akhir pekan ini. ‘’Kami sudah koordinasi dengan petugas yang menangani penyortiran. Kalau tidak ada kendala, akhir minggu ini selesai,’’ ujarnya.

Bagaimana jika molor, padahal semua logistik pemilu harus sudah dikemas sebelum mulai didistribusikan? ‘’Kami sudah siapkan antisipasinya. Nanti untuk wilayah terdekat ditinggal dulu (pengemasan, Red) untuk menunggu surat suara pengganti itu,’’ paparnya.

Mengantisipasi molornya pengiriman surat suara pengganti, kata Toni, pihaknya selalu meng-update jumlah surat suara yang rusak ke KPU Jawa Timur. Diharapkan, ketika proses penyortiran selesai, percetakan sudah memiliki gambaran berapa kira-kira kebutuhan yang harus diganti.

Toni juga berharap tidak ada kendala dalam proses penyortiran surat suara yang terakhir ini. Termasuk faktor cuaca buruk, mengingat pengerjaannya dilakukan di luar gedung. Namun, dia memastikan sejauh ini aman karena sudah diantisipasi dengan memasang penutup terpal. ‘’Kami yakin kalau proses penyortiran ini selesai tepat waktu. Target waktu itu masih bisa dikejar. Tinggal bagaimana nanti di percetakannya, semoga tidak ada kendala,’’ harapnya.

Dia menambahkan, KPU Ngawi telah menerima kekurangan surat suara Pemilu 2019 pada Minggu siang (24/3). Total yang dikirim sebanyak 1.393.388 lembar. Perinciannya, 674.194 surat suara DPR RI dan 719.194 surat suara DPRD provinsi. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here