KPU Ganjar Penghargaan Radar Madiun

27

MADIUN – Produk jurnalistik selama pemilu dari media massa di Kota Karismatik ternyata dipantau KPU setempat. Lantaran dinilai aktif, KPU tak segan mengganjar penghargaan. Salah satunya diberikan kepada Jawa Pos Radar Madiun. ’’Peran media penting untuk kesuksesan pemilu serentak, Radar Madiun begitu aktif sehingga itu sangat membantu kami,’’ ujar Ketua KPU Kota Madiun Sasongko.

Selain Radar Madiun, KPU juga memberikan penghargaan kepada sejumlah media cetak maupun elektronik. Di antaranya JTV Madiun, BBS TV, Sakti, Madiun Today, Memorandum, Realita.co, dan beberapa media lain. Sasongko tidak dapat memungkiri, kiprah dari para jurnalis dalam publikasinya turut mengerek angka partisipasi pemilu 2019. ‘’Target partisipasi 77,5 persen, dan alhamdulillah untuk kota Madiun mencapai 79,4 persen,’’ ujarnya.

Rokhani Hidayat, salah seorang komisioner KPU Kota Madiun menambahkan, partisipasi pemilih memang melebihi target nasional. Itu indikatornya lantaran peran aktif dari pemilih, penyelenggara pemilu. Termasuk dari media massa. ’’Semua pihak saling membantu. Untuk wartawan patut diberikan penghargaan, mereka (wartawan) telah aktif dalam meliput dan mempublikasikan kegiatan pemilu 2019,’’ jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan penghargaan kepada pemenang juara 1,2 dan 3 kontes selfie. Dan untuk kontes wefie dikhususkan kepada petugas KPPS saat berjibaku menyelenggarakan pemungutan suara di TPS. Pemenang diambil juara terbaik wefie di masing masing kecamatan.

Hengky Ristanto, wartawan dari Radar Madiun mengapresiasi langkah dari KPU. Menurutnya, inisiatif dari KPU dengan memberikan penghargaan kepada media massa patut dicontoh lembaga lainnya. ’’Semoga Radar Madiun tetap menjadi media terdepan dalam memberi informasi kepada masyarakat,’’ jelasnya.

Senada disampaikan M. Adi Saputro, jurnalis Realita.co wilayah Kota Madiun. Menurutnya, tugas dan peran awak media tak hanya melakukan kontrol. Tapi, juga memberikan kontribusi informasi kepada masyarakat. Salah satunya dijalankan saat gelaran pemilu serentak. ’’Kami akan terus berkarya untuk kepentingan publik,’’ ujarnya. (dil/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here