KPU Coret Tiga WNA dari DPT

70

MADIUN – Masalah warga negara asing (WNA) masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 terus jadi sorotan. Data KPU Kabupaten Madiun, ada tiga WNA yang masuk DPT dari 11 WNA berdasar data yang dikirim dispendukcapil.

Menanggapi persoalan itu, Ketua KPU Kabupaten Madiun Anwar Soleh Azarkoni menampik adanya keteledoran dari petugas saat proses coklit berlangsung sehingga membuat nama tiga WNA tersebut bisa masuk dalam DPT. Sebaliknya, menurut dia, data itu justru berasal dari Kemendagri yang diberikan ke KPU RI sebelum diteruskan ke KPU kabupaten/kota. ‘’Jadi, bukan karena kesalahan saat proses coklit,’’ katanya.

Apalagi, lanjut Anwar, saat proses coklit itu memang tidak didapati adanya data mengenai kebangsaan ketiga WNA tersebut. Kondisi itu yang kemudian menjadikan pihaknya sulit membedakan mana yang termasuk WNA atau bukan. Meski begitu, dia menegaskan pihaknya telah mencoret ketiga WNA itu dari DPT. ‘’Karena sudah ada rekom dari Bawaslu, kami sudah coret,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Madiun merekomendasikan kepada KPU setempat untuk melakukan pencoretan terhadap ketiga WNA yang masuk dalam DPT. ‘’Segera setelah ada temuan, kami rekomkan untuk pencoretan,’’ kata Koordinator Divisi Pangawasan Bawaslu Kabupaten Madiun Khoirul Mualim.

Menurutnya, tiga nama WNA tersebut terdaftar di TPS 05 Desa Ketandan, Kecamatan Dagangan; TPS 01 Desa Doho, Kecamatan Dolopo; dan TPS 02 Desa Jetak, Kecamatan Dagangan.

Kendati begitu, Mualim menuding masuknya WNA dalam DPT itu merupakan kekurangcermatan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) saat proses coklit. Apalagi, nama mereka juga tercantum dalam kartu keluarga (KK). ‘’Kami menduga kalau seperti itu keadaannya,’’ ungkapnya.

Selain itu, pihaknya memang menemukan daftar itu berdasarkan hasil dari kroscek data yang dilakukan dengan disdukcapil. Para WNA tersebut ada yang memiliki KTP elektronik dan ada yang memilki kartu izin tinggal sementara (kitas). ‘’Hingga ditemukan tiga WNA itu yang masuk DPT,’’ ujarnya. (mg4/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here