KPPS Antar–Jemput Lansia Nyoblos

10

MAGETAN – Berbagai cara ditempuh oleh KPPS untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019. Seperti dengan melakukan penjemputan ke rumah bagi pemilih yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia). Mereka dijemput oleh relawan KPU dengan menggunakan sepeda motor dan diantar menuju ke TPS.

Fenomena itu dijumpai di TPS 01 Ngarioboyo. Tercatat di lokasi coblosan tersebut terdapat 20 warga lansia yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). ‘’Supaya para warga lansia itu bisa tetap menggunakan hak pilihnya,’’ terang Ketua KPPS TPS 01 Ngariboyo, Hariadi kemarin (17/4).

Diungkapkan, proses penjemputan warga lansia itu dikawal oleh petugas linmas. Serta sebagai bentuk menjaga independensi petugas KPPS. ‘’Kami ingin memberikan kesan berbeda kepada masyarakat. Pada intinya mempermudah mereka agar bisa menggunakan hak pilihnya,’’ ungkap Hariadi.

Diakuinya cara itu bisa menekan angka golput di tempatnya. Di samping melakukan jemput bola ke rumah warga yang mengalami sakit. ‘’Yang pasti, kegiatan ini kami lakukan semata-mata untuk meningkatkan partisipasi warga dalam penyelenggaraan pemilu 2019,’’ terangnya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here