KPP Pratama Imbau Lapor Pajak Tepat Waktu

152

MADIUN – Tingkat kepatuhan wajib pajak (WP) di Kota dan Kabupaten Madiun menunjukkan progres bagus. Terhitung sejak Januari–Maret 2019 sudah 89% dari target yang diberikan atas WP yang melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT). ‘’Dari sisi kepatuhan sudah bagus,’’ ujar Santoso Dwi Prasetyo, Kepala KPP Pratama Madiun.

Kendati demikian, pihaknya mendorong mereka yang belum melaporkan SPT untuk segera melapor. Misalnya bagi kalangan ASN, TNI/Polri wajib melaporkan SPT dengan menggunakan sistem e-Filing.

POJOK PAJAK: Sambil berwisata belanja wajib pajak dapat melaporkan SPT melalui e-Filing di Sun City Mall pada Sabtu dan Minggu.

Untuk mendorong kepatuhan pelaporan SPT tahunan, KPP Pratama melakukan duta e-Filing, sosialisasi, reminding SPT, ngisi bareng, pojok pajak dan publikasi di media sosial (medsos). Jadi dengan adanya duta e-Filing karyawan tidak perlu meninggalkan kantor dan tugas untuk mengantri lapor SPT ke KPP. ‘’Disamping mudah, menggunakan e-Filing prosesnya lebih cepat dan aman. Serta bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun,’’ papar Prasetyo.

Lebih lanjut, dia menjelaskan sasaran program duta e-Filing adalah instansi pemerintah, swasta, dan BUMN. Sedangkan, duta e-Filing merupakan pegawai atau karyawan yang diberikan bimbingan perpajakan secara intensif. Peran mereka adalah menjadi tempat bertanya dan memberikan asistensi kepada rekan kerja terkait kewajiban pelaporan SPT tahunan.

Prasetyo menambahkan bagi perusahaan atau instansi pemerintah di Kota/Kabupaten Madiun yang ingin mengikuti program duta e-Filing, dapat mengajukan permohonan kepada KPP Pratama Madiun. ‘’Padatnya aktivitas pegawai dan jauhnya lokasi ke KPP teratasi dengan adanya duta e-Filing,’’ ungkapnya.

Upaya lainnya adalah dengan cara ngisi bareng di berbagai instansi maupun pada saat kegiatan car free day (CFD). Serta membuka layanan ke luar berupa pojok pajak. Program pojok pajak digelar antara 15–24 Maret 2019, setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu di Sun City Festival.

Sedangkan terkait proses pembayaran pajak, kata Prasetyo, dapat dilakukan di kantor pos atau bank secara langsung atau cukup melalui ATM serta internet banking. Yang jelas, dia menegaskan bahwa pihaknya tidak menerima uang pembayaran pajak. ‘’Untuk melakukan pembayaran pajak, WP terlebih dahulu membuat kode billing,’’ katanya.

Dia mengungkapkan kode billing dapat dibuat secara online dengan mengakses laman https://sse3.pajak.go.id atau melalui menu e-Billing pada laman https://djponline.pajak.go.id. Selain itu, WP juga dapat meminta kode billing ke nomor layanan billing KPP Pratama Madiun pada nomor 0822 98 621 621 atau melalui SMS dengan format tertentu maupun WhatsApp. ‘’Segera laporkan SPT Anda melalui e-Filing sebelum 31 Maret 2019 untuk orang pribadi dan 30 April 2019 untuk badan,’’ ucapnya. (mga/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here