KPH Saradan Rintis Tiga Destinasi Baru

28

MADIUN – Objek wisata di wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan minim. Terutama di Kabupaten Madiun, hingga kini hanya ada satu tempat wisata. Yakni Waduk Bening di Kecamatan  Saradan. ‘’Saat ini sudah ada tiga proposal baru yang bakal jadi tempat wisata rintisan,’’ kata Kasubsi Aset dan Pariwisata Perum Perhutani KPH Saradan Agus Cahyono kemarin (3/4).

Ketiga objek tersebut, merupakan perpaduan wisata alam dan buatan. Ketiga tempat tersebut bakal dijadikan spot foto seperti beberapa tempat wisata lain seperti Nongko Ijo dan Watu Rumpuk. Ketiga tempat itu masing-masing di Desa Sumberbendo, Klangon dan Sidorejo. ‘’Karena rintisan, kadi masih perencanaan, masih pengajuan,’’ ungkapnya.

Saat ini ketiganya masih dalam kajian. Termasuk efek samping jika daerah tersebut dibuka untuk tempat wisata. Baik sosial maupun ekonominya. Slanjutnya diusulkan ke divisi regional. Jika mendapat izin semua pihak yang terlibat akan diajak menandatangani kesepakatan. ‘’Bisa wisata kerja sama atau mandiri,’’ terangnya.

Wisata mandiri jika hanya dikelola Perhutani. Sedangkan kerja sama pengelolanya pihak ketiga atau pemerintah setempat. Untuk wisata kerja sama, Perhutani hanya sebatas pemilik aset. Pun harus ada memorandum of understanding (MoU) yang harus ditandatangani bersma. ‘’Setelah itu baru boleh memungut retribusi tiket,’’ ujarnya.

Di MoU terdapat peraturan. Salah satunya, tidak boleh ada aktivitas penebangan pohon. Apalagi, wilayah KPH Saradan sebagian besar pohon jati. ‘’Kita melibatkan unsur LMDH, karena mereka yang tahu betul kondisi hutan yang ada,’’ ungkapnya. (fat/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here