Kotak Suara Pemilu 2019 Berbahan Karton

74

MADIUN – Pemilu 2019, KPU Kabupaten Madiun memperoleh 13 ribu kotak suara anyar. Wujudnya bertransformasi menjadi karton. Menggantikan 6.770 unit penyimpan logistik coblosan yang lama berbahan aluminium. ‘’Informasinya tiba 29 Oktober nanti,’’ kata Kasubag Umum Keuangan dan Logistik KPU Kabupaten Madiun Suparlan kemarin (23/10).

Perubahan jumlah logistik itu mendasar Surat Edaran (SE) Sekjen KPU RI Nomor 449 tentang penghapusan dan penjualan secara lelang perlengkapan pemungutan suara berupa kotak suara berbahan aluminium, April lalu. Kotak suara yang digunakan ketika pilkada Juni lalu harus dilelang. Sisa logistik berupa surat suara dimusnahkan. Sebagai gantinya, KPU RI menyediakan kotak suara untuk sekali pakai. ‘’Kotak suara yang baru ditarget sudah terdistribusi pertengahan November,’’ ujarnya.

Suparlan menyebut ukuran kotak suara yang baru sama dengan yang lama. Dengan lebar 40 sentimeter dan tinggi 60 sentimeter. Meski terbuat dari karton, KPU yang berlokasi di Jakarta menjamin kekuatannya. Jaminan tersebut dibuktikan dengan uji coba penumpukan hingga lima tingkat. Yang merisaukannya, wadah untuk perlengkapan mencoblos itu rentan air karena terbuat dari karton. Dia sedikit lega lantaran kotak suara dibungkus plastik dalam pendistribusiannya. ‘’Kondisi gedung Korpri Madiun yang kami sewa layak sebagai lokasi penyimpanan,’’ tuturnya.

Suparlan menjelaskan, alasan penggantian kotak suara aluminium menjadi karton demi efisiensi. Lembaganya tidak perlu mengeluarkan biaya operasional perawatan. Sebab, setelah digunakan untuk coblosan pileg dan pilpres, kotak suara itu langsung dimusnahkan. Selain itu, kotak suara anyar dikonsep transparansi. Bagian depannya terpasang mika sehingga bisa dilihat masyarakat. ‘’Bentuk keterbukaan pemilu kepada publik dan sama-sama melakukan pengawasan,’’ terangnya kepada Radar Mejayan.

Suparlan belum mengetahui kapan proses lelang yang dilakukan kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang (KPKNL) dimulai. Pihaknya masih menunggu surat persetujuan lelang dari Sekjen KPU RI. Sebelum akhirnya dilaporkan ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Sembari menunggu turunnya surat, KPU melakukan pembersihan kotak suara yang tersimpan di gudang. Proses itu sudah dimulai Senin lalu (22/10). ‘’Target selesai 10 hari yang dikerjakan 10 pekerja,’’ ungkapnya.

Dia menambahkan, estimasi yang diperoleh dari lelang sebesar Rp 355 juta. Estimasi itu berdasar hasil survei harga aluminium di tiga lokasi, yakni Rp 15 ribu per kilonya. Sedangkan berat total kotak suara 23.695 kilogram. ‘’Sesuai aturan lelang, sebulan setelah penetapan bupati terpilih,’’ tandasnya. (cor/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here