Korsleting, Rumah Lansia Kobong

112

MADIUN – Mata Agus Supriyo terbelalak begitu melihat jilatan api dari ventilasi rumah Ngadimin, tetangganya. Seketika, Agus berusaha memanggil-manggil pemilik rumah. Tak ingin berakibat fatal, Agus langsung mematikan panel listrik yang tersambung dengan rumah di Jalan Yos Sudarso, Gang Rukun nomor 7, itu. ’’Setelah saya matikan langsung panggil tetangga,’’ kata Agus.

Peristiwa kebakaran itu diperkirakan terjadi pukul 16.30. Pada saat kejadian, gang sekitar rumah dalam keadaan sepi. Agus baru saja pulang kerja dan hendak kembali kerja. Tak lama berselang, datang dua unit tim pemadam kebakaran. ’’Untungnya cepat responsnya, karena kan sebelah ini pom bensin,’’ ujarnya.

Dalam rumah tersebut tinggal pasangan suami istri lansia. Keduanya adalah Ngadimin, 87, dan Misnah, 78. Sudah lama pasutri ini tinggal berdua di rumah tersebut. Pada saat kejadian, Agus berusaha memanggil Ngadimin dan Misnah. Namun, tidak ada respons. ’’Karena sudah sepuh, ya kasihan,’’ ucapnya.

Kasi Damkar Satpol PP Kota Madiun Anang Dwi Sulistyanto mengatakan, pada saat kejadian berlangsung, Ngadimin sedang di kamar mandi. Sementara Misnah berbaring di kamar.  Penyebab kebakaran diduga korsleting listrik. ’’Kemungkinan dari radio, terus membakar kasur. Tapi, untuk lebih detailnya invasi kepolisian lebih jelas. Ini nunggu dari PLN,’’ katanya.

Beruntung, respons masyarakat cepat sehingga sekitar 10 menit, dua unit damkar datang ke lokasi kebakaran. Setibanya di lokasi, kebakaran bisa teratasi tanpa sempat mengulur pompa air dari damkar. ’’Teknisnya dari kami, bisa ditangani dengan cepat. Jarak rumah dengan SPBU (SPBU Yos Sudarso, Red) 100 meter,’’ sebutnya. (mg2/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here