Komunitas P20 Mimpikan Madiun Art Award

87
KARYA SENI: Salah Seorang pengunjung melihat detail dari lukisan karya Sigit Handari berjudul Narator dan Eksekutor.

MADIUN – Kota Karismatik menjadi jujukan belasan seniman asal Jogjakarta. Mereka yang tergabung dalam komunitas P20 itu menggelar pameran seni bertajuk Out Side. Bertempat di galeri seni Indigo Art Spac, Jalan Mayjend Sungkono puluhan karya seni dengan beragam karakter dan teknik.

Di antaranya, lukisan bergaya abstrak, abstrak-ekspresionis, semi abstrak, dekoratif. Lukisan teknik pointilis maupun multi teknik juga ikut memanjakan penikmat seni di Madiun. ’’Ini pameran perdana P20 di Madiun, kalau di Jogjakarta sudah sering,’’ kata Heri Kris, kurator asal Jogjakarta ini.

Heri menjelaskan, belasan pelukis ini adalah pelukis binaanya. Dibimbing untuk menemukan karakter dan jati diri mereka. Setiap sebulan sekali tanggal 20 dia mengadakan presentasi berisikan diskusi dan bedah karya seni. Nah, Heri sengaja jujuk ke Madiun, tidak lain karena dia adalah kurator dari Indigo Art Space. ’’Sudah sejak tiga tahun lalu saya sering kesini berdikusi dengan teman-teman seniman Madiun,’’ terang alumnus ISI Jogjakarta ini.

Adanya diskusi dan bedah seni  ini memberikan ruang bagi para perupa untuk mempresentasikan karya dan saling berdikusi seni. Berkat diskusi informal yang  digelar selama di Jogjakarta ini telah berpengaruh terhadap peningkatan kualitas lukisan perupa Jogjakarta.  ’’Banyak  profesional sekalipun perupa itu dari otodidak, bukan akademisi. Nah, diskusi ini bermanfaat untuk melatih mereka mempresentasikan karyanya,’’ jelasnya.

Dalam diskusi tersebut, juga hadir sejumlah seniman asal Madiun Raya. Mereka saling sharing berbagi pengalaman. Tentunya juga menambah wawasan seni rupa secara langsung. Sebab, hal yang tak kalah penting dalam kegiatan ini adalah memberikan informasi baik untuk perupa Madiun dan sekitarnya. ’’Tiga tahun lalu saya memimpikan di Madiun ada Madiun Art Award (MAA) atau Madiun Art Fair (MAF). Karena dari acara itulah nantinya seniman Madiun memiliki target berkarya yang lebih baik,’’ pungkasnya. (dil/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here