Ponorogo

Komunitas Gubug Juang Rayakan Hari Buku Sedunia

PONOROGO – Apa jadinya bila generasi muda tak gemar membaca?. Mengikis kekhawatiran itu, berbagai komunitas baca dan perpustakaan jalanan dari berbagai daerah menggelar acara literasi memperingati hari buku sedunia.

Taman kota di penggal Jalan Pramuka berubah menjadi lautan buku, akhir pekan lalu (27/4). Para pemuda yang kebanyakan mahasiswa membaur menggelar lapak buku. Dari dialeknya, kelihatan jika sejumlah pesertanya dari berbagai daerah. Mulai Tulungagung, Ngawi, Sragen, Jateng. Pemandangan tak bisa itu memantik penasaran warga yang tak terhitung silih berganti mendatangi. ‘’Baru pertama kalinya kami helat kegiatan seperti ini di Ponorogo,” kata Ilham Ahmad Fikrillah,  penggagas Komunitas Gubug Juang.

Peringatan hari buku sedunia dijadikan momentum positif merangsang minat literasi. Sekaligus mengkampanyekan tradisi membaca di ruang terbuka. Agar, rendahnya tingkat membaca di negeri ini terentaskan. ‘’Kami prihatin, banyak taman kota malah dijadikan tempat berbuat negatif,’’ tukasnya.

Tercatat 15 komunitas dan pegiat literasi dari berbagai daerah hadir. Tema yang diangkat ‘dengan Buku, Kita Buka Pintu Kesadaran Menuju Keutuhan’. Demi mengadakan perayaan hari buku sedunia itu, seluruh anggota dari berbagai komunitas rela merogoh kocek. Apalagi yang dari luar kota, biaya perjalanan ditanggung sendiri. ‘’Kami gelar sejak pagi hingga sore,” imbuhnya.

Selain menggelar lapak, kumpulan komunitas literasi itu juga menghelat diskusi ilmiah. Mutia Senja, pegiat literasi dari Sragen menjadi pembicaranya. Bersama Labud N. Najib, pegiat literasi dari Bumi Reyog. Diskusi juga membedah beberapa buku pilihan. Seluruh pemuda yang terlibat dalam kegiatan itu tampak antusias. Memberikan pertanyaan sekaligus sumbangsih dan saran. Ke depan, komunitas ini berencana menghelat kegiatan serupa minimal seminggu sekali. ‘’Memang berat tapi ini tugas kita bersama. Agar generasi mendatang tidak buta literasi,’’ sambungnya. *** (fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close