KriminalitasNgawi

Komplotan Spesialis Copet HP Penonton Konser Dibekuk Polisi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Sepak terjang Rizal, 28; Daud, 30; Abdul, 21; Joko, 42; dan Erik Susanto, 34; berakhir. Komplotan spesialis copet antarkota itu diringkus polisi setelah kedapatan menggasak handphone (HP) penonton konser di alun-alun Ngawi. ‘’Ada enam pelaku, satu lainnya Wawan masih kami lakukan pengejaran,’’ kata Kapolres Ngawi AKBP MB. Pranatal Hutajulu, Sabtu lalu (7/9).

Kejadian tersebut berawal saat puluhan warga mendatangi Mapolres Ngawi pada Jumat lalu (6/9) sekitar pukul 22.00. Ada sebanyak 25 orang yang mengadu kehilangan HP saat menonton konser di alun-alun. ‘’Dari situ, akhirnya kami tangkap salah seorang pelakunya. Setelah kami lakukan pengembangan, muncul nama lain,’’ ujar Natal, sapaan kapolres.

Penangkapan para pelaku asal Surabaya itu terbilang dramatis. Mereka sempat berusaha kabur menggunakan mobil ketika aksinya diketahui polisi. Sempat terjadi kejar-kejaran. Sebelum akhirnya Honda Mobilio L 1492 XC terpojok di sebuah gang buntu dekat alun-alun. ‘’Kami tangkap tak berselang lama, kurang lebih satu jam usai laporan korban,’’ jelas Natal.

Dalam aksi copet tersebut, modus yang dilakukan pelaku tergolong rapi. Para tersangka memiliki tugas masing-masing dalam menggasak barang korban. Dimulai saat mereka berpura-pura menonton konser, salah seorang pelaku bernama Wawan (DPO) sengaja membuat keributan dengan melempar petasan di sekitar penonton.

Dalam kondisi gaduh, Rizal dan Daud beraksi dengan mendorong para penonton agar berkerumun menjauh. Sementara, pelaku lainnya, Joko dan Abdul, berperan mengambil ponsel korban yang panik untuk selanjutnya diserahkan ke Erik Susanto dan disimpan dalam tas. ‘’Saat ini kami masih memburu Wawan yang diduga jadi dalang aksi ini,’’ tuturnya.

Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan tujuh unit HP, mobil, dan delapan buah petasan. ‘’Untuk barang bukti lain masih kami cari, dugaan sementara dibawa Wawan atau dibuang oleh pelaku,’’ beber Natal. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close