KriminalitasNgawi

Komplotan Pelaku Curanmor Lintas Daerah, Dua Ditangkap, Empat Buron

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Aksi komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ini sungguh bikin geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, hanya dalam waktu sekitar empat bulan mereka berhasil menggondol 27 motor dari berbagai daerah. Mulai Madiun Raya hingga wilayah Jawa Tengah seperti Wonogiri, Sragen, dan Karanganyar.

Hasil penyidikan polisi, komplotan itu terdiri enam orang. Dua di antaranya berhasil dibekuk petugas. Yakni, Dony Agus Riyanto, 22, warga Desa/Kecamatan Karangjati, dan Rofiq Diky Mahmuda, 20, warga Desa Sumberbening, Bringin. ‘’Diketahui keduanya merupakan kawan lama,’’ kata Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto Selasa (3/3).

Dalam melakukan aksinya, komplotan itu berkeliling menggunakan mobil sewaan. Mereka beraksi malam hari dan memanfaatkan kelengahan korban saat memarkir kendaraannya di halaman rumah. Modusnya dengan cara merusak kunci, lalu dinaikkan mobil untuk dibawa kabur.

‘’Kalau motor tidak dalam kondisi dikunci setang, tentu lebih mudah diambil,’’ ujarnya. ‘’Dalam sekali operasi biasanya melibatkan empat orang. Ada yang kebagian mengemudi, mengambil motor, mengawasi, dan siaga di dalam kendaraan,’’ imbuh kapolres.

Komplotan itu sengaja mencopot jok belakang mobil untuk memudahkan mengangkut motor hasil curian. Pun, mereka beraksi secara berpindah-pindah agar tidak mudah terendus petugas. ‘’Seluruh wilayah Madiun Raya pernah disasar pelaku. Ditambah Nganjuk, Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen,’’ ungkapnya sembari menyebut motor hasil curian biasanya dijual dengan harga kisaran Rp 2,5 juta per unit.

Aksi komplotan itu, lanjut Dicky, terbongkar setelah korban melapor ke polisi. Dari situlah pihaknya melakukan penyidikan, kemudian mengejar pelaku. Namun, baru dua tersangka –Dony dan Rofiq- yang berhasil diamankan. Pun, seorang di antaranya terpaksa dihadiahi timah panas di kaki lantaran berniat kabur saat hendak ditangkap petugas. ‘’Saat ini kami juga sedang melakukan pengejaran tersangka lainnya,’’ tutur Dicky. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close