Komplotan Maling Sepeda Beraksi di CFD

177

PACITAN – Bagi para pesepeda harap waspada. Di Pacitan baru-baru ini beraksi komplotan yang menyasar sepeda bermerek yang terparkir saat car free day (CFD). Tiga sepeda milik pengunjung CFD digasak. Sepeda yang dicuri di kisaran harga Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. ’’Kami sudah tangkap tiga orang, masih ada komplotannya,’’ kata Kasat Reskrim Polres Pacitan AKP Imam Buchori, Rabu (2/5).

Imam masih mengembangkan penangkapan tiga orang tersebut. Masing-masing berinisial H, W, dan S. Aksinya terbilang rapi. Yakni, kali pertama menyewa mobil rental di wilayah Situbondo. Ada dua unit Daihatsu Xenia yang disewa. Selanjutnya, pelaku yang diduga berjumlah tujuh orang membagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama beraksi pagi hingga siang hari. Sedangkan kelompok kedua pada malam hari. ’’Pagi tiga orang, malam empat orang. Untuk susunan pelakunya bergonta-ganti,’’ beber Imam.

Saat beraksi, pelaku menggunakan dua mobil sekaligus. Masing-masing berbagi tugas. Menurutnya, dua atau tiga orang pelaku turun untuk melakukan aksi pencurian. Untuk memuluskan aksinya, mereka tidak jarang menyaru sebagai peserta CFD hingga jamaah masjid. Sementara satu orang yang mengendarai mobil lainnya berjaga dari dalam mobil. Saat berhasil mendapatkan hasil curian, sepeda tersebut digiring ke mobil rekannya. ’’Langsung dibongkar dan dimasukkan mobil satunya. Setelah itu keliling lagi sampai penuh, baru pergi,’’ ungkapnya.

Imam menyebut jika para pelaku  tergolong cerdik. Pelaku memilih mencuri sepeda lantaran lebih mudah. Selain itu, harga jual masih tinggi. Sepeda juga minim peralatan pengamanan. ’’Penjualannya juga lebih mudah,’’ jelas Imam.

Perwira dengan tiga balok di pundak itu meminta agar masyarakat Pacitan lebih berhati-hati. Di antaranya dengan melengkapi sepeda pancal dengan kunci. Parkir sepeda sebaiknya juga di lokasi yang aman. ’’Karena sasarannya yang tanpa pengawasan. Biasanya peserta CFD datang pakai sepeda, setelah sampai alun-alun ditinggal,’’ ungkapnya. (odi/c1/ota)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here