Pacitan

Komisi V DPR RI Desak Proyek Pelabuhan Gelon Dituntaskan

PACITAN – Komisi V DPR RI menyebut proyek Pelabuhan Gelon terlupakan. Padahal, proyek yang menyedot anggaran Rp 30 miliar di Desa Kembang, Pacitan itu dimulai 2011 lalu. ‘’Tidak boleh tidak dilanjutkan. Sebab, sudah ada dana dari daerah maupun pusat. Sama-sama uang negara,’’ kata Jhoni allen Marbun, anggota Komisi V DPR RI, Kamis (30/8).

Mandeknya pekerjaan proyek ini membuat Pelabuhan Gelon makin tidak terawat lantaran faktor alam. Di antaranya banjir. Lantaran tidak tuntas dalam konteks pembangunan drainase dan pengerasan jalan. Sedangkan pembebasan lahan sudah. ‘’Sehingga, menurut saya, ini terlupakan,’’ ujarnya.

Berbeda jika dimulai dari nol. Pekerjaan bisa ditunda. Menurut Allen, ini ironis,  meski Pacitan bukan daeran pemilihan (dapil)-nya.  Namun, Allen tidak mau berbicara dapil, melainkan warga negara RI.

Karena itu, lanjut Allen, pembangunan Pelabuhan Gelon harus dilanjutkan.

Sebab, keberadaannya, mampu mendongkrak potensi ekonomi di Pacitan. Pelabuhan tersebut merupakan salah satu jalur transportasi laut. ‘’DPR memiliki hak pengawasan. Lebih kepada pekerjaan yang belum selesai. Hal legislasi, setuju atau tidak, baru hak anggaran,’’ bebernya.

Sementara Ketua Komisi V DPR RI Gatot Sudjito sengaja ke Pacitan usai rapat internal di komisinya sepekan lalu. Kunjungan spesifik itu difokuskan di dua titik, yakni Balikpapan dan Pacitan. Kedatangannya ke Pacitan untuk melihat dan mengawasi pembangunan proyek yang didanai (APBN) ini. ‘’Pelabuhan ini dalam pematangan jalan, investasi dari APBN hampir Rp 30 miliar. Kondisi jalan masih harus diteruskan menuju pelabuhan,’’ jelasnya.

Gatot juga menilai Pelabuhan Gelon strategis. Dia mencontohkan pelabuhan niaga dan perintis di Cilacap. Pelabuhan tersebut terhubung dengan jalur tol laut. Sehingga, Pelabuhan Gelon menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya di Pacitan, melainkan daerah sekitarnya.  ‘’Ada pengaruh ke Jogja, Jateng dan Jawa Timur. Terutama Madiun, Ponorogo, Trenggalek dan Tulungagung,’’ tambahnya.

Dengan begitu, Gatot bakal mendorong pembangunan Pelabuhan Gelon dianggarakan dalam APBN 2019. Pihaknya bakal intens berkomunikasi dengan eksekutif. Terutama sinergitas dengan Dirjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). ‘’Komisi V memberi support keputusan politik demi terwujudnya pelabuhan yang ditunggu-tunggu, juga program Presiden Jokowi yaitu tol laut,’’ jelasnya.

Bupati Pacitan Indartato berterima kasih atas kedatangan Komisi V DPR RI. Pasalnya kedatangan mereka diharapkan semakin mempercepat terwujudnya Pelabuhan Gelon. ‘’Itu demi kemakmuran warga Pacitan khususnya dan Indonesia pada umumnya,’’ tegasnya. (odi/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close