AdvertorialNgawi

Komisi II DPRD Minta Penjelasan ke Dinsos, Pastikan BST Tepat Sasaran

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Proses penyaluran bantuan sosial tunai (BST) di Ngawi mendapat perhatian dari komisi II DPRD. Senin (11/5) mereka turun memantau proses tersebut di dinas sosial (dinsos) sekaligus memastikan penyalurannya tepat sasaran. ‘’Kami sempat mendengar masukan bahwa memang ada masalah terkait data penerima BST itu,’’ kata Ketua Komisi II DPRD Ngawi Siswanto.

Sebelumnya, dia mengaku sempat mendapat informasi soal adanya warga yang berhak mendapat BST tetapi tidak tercantum dalam daftar penerima bantuan. Begitu juga sebaliknya. Ada warga yang dianggap mampu tetapi justru memperoleh BST. ‘’Makanya kami datangi dinas terkait untuk minta penjelasannya seperti apa,’’ ujarnya.

Dari situ pihaknya mendapatkan penjelasan bahwa data penerima sepenuhnya berasal dari pusat. Sehingga, dianggap wajar apabila terdapat persoalan di lapangan. Terlebih data yang dipakai merupakan hasil pencatatan 10 tahun lalu. ‘’Jadi, perlu ada pemutakhiran data lagi, terutama yang sekarang dianggap ada masalah,’’ terang Siswanto.

Meski demikian, pihaknya memaklumi hal tersebut. Karena persoalan itu muncul bukan lantaran disengaja. Siswanto berharap dinsos segera melakukan verifikasi dan validasi ulang penerima BST untuk kemudian dilaporkan ke pemerintah pusat. ‘’Pemerintah desa (pemdes) juga bisa melapor ke dinsos, kalau ada data yang salah agar segera dihapus atau diperbaiki,’’ tuturnya.

Selain ke dinsos, sejumlah anggota komisi II DPRD juga sempat berkoordinasi dengan pihak dinas kesehatan (dinkes). Mereka berusaha memastikan soal serapan anggaran penanganan Covid-19, kesiapan peralatan, logistik, dan SDM. ‘’Penyerapan anggaran harus mengacu pada kebutuhan prioritas, bukan mengacu pada proporsi,’’ ungkapnya.

Rombongan anggota komisi II kemarin sempat menyambangi Puskesmas Karangjati. Mereka ingin memastikan distribusi alat kesehatan (alkes) dari pemkab, sekaligus mengecek kesiapan puskesmas dalam menangani Covid-19. (tif/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close