Ngawi

Komisi I DPRD Ngawi Berharap Pilkades Serentak Kondusif

NGAWI – Penyelenggaraan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Ngawi akhir Juni mendatang mendapat atensi kalangan legislatif. Terutama terkait kesiapan penyelenggaraan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut maupun upaya antisipasi potensi permasalahan dalam pelaksanaannya.

‘’Prinsipnya kami ingin pelaksanaan pilkades serentak itu nanti berjalan lancar dan aman,’’ kata Sekretaris Komisi I DPRD Siswanto usai menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ngawi di gedung DPRD, Selasa siang (30/4).

Siswanto mengungkapkan, dalam rapat itu pihaknya menyarankan kepada dinas agar segera memetakan desa mana saja yang rawan terjadi gesekan antarwarga. ‘’Kalau sudah jelas petanya mana saja yang rawan kan bisa diantisipasi jauh hari,’’ tuturnya.

Pemetaan itu, kata dia, penting lantaran pilkades serentak tahun ini melibatkan 178 desa. Apalagi, pada momen serupa sebelumnya sempat terjadi beberapa permasalahan. ‘’Jangan sampai kasus seperti itu terulang lagi di pilkades nanti,’’ harapnya.

Selain memetakan desa rawan konflik, dalam rapat itu komisi I juga meminta DPMD segera membentuk tim khusus. Tim tersebut bisa melibatkan dinas, kecamatan, bagian hukum, maupun pihak lainnya. Salah satu tujuannya yakni mendampingi dan mengawal jalannya pilkades serentak supaya lancar dan kondusif.

Menurut Siswanto, meski sudah ada kepanitian pilkades yang dibentuk mulai tingkat desa hingga dinas, keberadaan tim itu sangat dibutuhkan. Dia mencontohkan kasus seleksi perangkat desa yang mencuat beberapa waktu lalu, dipicu kurangnya pemahaman paniti terkait aturan yang berlaku. ‘’Jangan sampai ada masalah, apalagi sampai berujung di pengadilan,’’ harapnya.

Siswanto menambahkan, pihaknya berencana turun langsung ke lapangan untuk memastikan pelaksanaan pilkades serentak berjalan dengan baik dan sesuai aturan. ‘’Nanti kami bersama dinas akan turun langsung untuk memantau prosesnya,’’ pungkasnya. (tif/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close