KMFR 2018: Gandeng PASI Kota Madiun sebagai Race Management

207

MADIUN – Persiapan panitia Karismatik Madiun Fun Run (KMFR) 2018 kian matang menjelang race pada Minggu (9/12). Seluruh kekuatan dimaksimalkan untuk menyukseskan event berskala nasional yang menempuh jarak lari 5K itu.

Terakhir, kemarin (6/12) tim pemkot bersama dengan Jawa Pos Radar Madiun membahas hal-hal teknis terkait persiapan KMFR di ruang Asisten Administrasi Umum dan Kesra. Seperti rencana pemindahan para pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Pahlawan saat car free day (CFD) ke Jalan Semeru dan Alun-Alun. Rekayasa lalu lintas selama penyelenggaraan, hingga beberapa item yang bisa menyebabkan peserta didiskualifikasi.

Kepala Diskominfo Kota Madiun Subakri menyatakan saat ini persiapan Karismatik Madiun Fun Run 2018 sudah 95 persen. Sisanya tinggal membahas hal-hal teknis perlombaan. ‘’Sudah ada beberapa masukan dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk suksesnya penyelenggaraan fun run,’’ katanya.

Dengan persiapan yang sudah matang, dia berharap penyelenggaraan KMFR dapat menggugah semangat para peserta. Serta mengorbitkan sejumlah atlet-atlet muda di cabang olahraga (cabor) lari. Karena selain PNS dan masyarakat umum, peserta Karismatik Madiun Fun Run juga terdiri dari ribuan pelajar. ’’Biar ke depan bisa membawa harum nama Kota Madiun di tingkat provinsi, nasional atau bahkan ke tingkat internasional,’’ ungkap Subakri.

Dalam event ini, Radar Madiun menggandeng pihak Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) setempat sebagai race management. Mereka dianggap sudah berpengalaman mengelola race lari level nasional di Kota Madiun.

Mengenai kesiapan rute, Race Director Karismatik Madiun Fun Run 2018 Muhammad Nur Arif mengatakan, runners tidak perlu khawatir tentang rute yang akan dilalui. Meski dihadapkan pada crowded-nya lalu lintas jalan, tapi runners bakal mendapatkan jaminan safety. ’’Terutama menjelang finish di Jalan S Parman perlu adanya pemisahan jalur dengan memasang traffic cone,’’ katanya.

Dalam kesempatan itu, Arif juga membeberkan beberapa hal teknis yang bisa menyebabkan didiskualifikasinya peserta untuk mendapat juara. Misalnya, runners tidak ikut mulai berlari di belakang garis start. Serta runners sempat mendapatkan treatment dari pihak medis di tengah race. ’’Meskipun ini bersifat fun run, tapi karena ada juaranya kami tetap menerapkan aturan (dalam race lari),’’ ujar pria yang juga pelatih lari PASI Kota Madiun itu.

Project Officer Karismatik Madiun Fun Run 2018 Agus Setyo mengingatkan para peserta untuk mengambil race pack di kantor Radar Madiun pada Sabtu (8/12). Petugas akan melayani pukul 08.00–22.00. ’’Tentunya dengan membawa bukti pembayaran,’’ ucap Setyo.

Ribuan Pelajar Siap Ikut Race

KARISMATIK Madiun Fun Run 2018 disambut berbagai kalangan. Bukan hanya peserta umum, pelajar pun mempersiapkan diri untuk mengikuti event yang diselenggarakan pada 9 Desember itu. Salah satunya adalah Ferensa Thitania. Pelantun lagu single Berjuta Rasa itu bahkan bersemangat menyambut event lari 5K tersebut.

Feren tidak sendirian. Masih ada Adhelia Sakty Kreisanta, Almira Vivia Irawati dan Amey Yustisiana Putri Yulia dari SMAN 1 Madiun yang juga bersemangat mempersiapkan diri mengikuti Karismatik Madiun Fun Run. Tak ketinggalan pula Caroline Nugroho dan Maudhy Ferari Ardiyanti Putri dari SMAN 2 Madiun.

Total ada ribuan siswa di Kota Madiun bakal ikut race. Beberapa di antaranya bahkan sudah mulai mendaftar sejak Selasa lalu (5/12). Sampai dengan kemarin (6/12) tercatat peserta yang sudah melakukan registrasi mencapai sekitar 1.600 runners.

Secara terpisah, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Madiun, Imron Rosidi menyampaikan kegiatan tersebut termasuk sarana yang tepat untuk menyalurkan hobi siswa. Terutama olahraga lari. ’’Bagus untuk mewadahi skill,’’ katanya.

Yang jelas, pihaknya menyambut hangat event lari tersebut. Sebagai bentuk dukungan, pihaknya ikut menyebarluaskan informasi penyelenggaraan Karismatik Madiun Fun Run ke seluruh kepala SMA di Kota Madiun. ‘’Tapi, baru besok (hari ini) saya bisa setor jumlah partisipasi aktif peserta,’’ imbuhnya.

Lebih lanjut, dia berharap ajang Karismatik Madiun Fun Run dapat memberikan dampak positif bagi siswa. Terutama dalam mengampanyekan semangat hidup sehat. (mg2/her/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here