Pacitan

Klaster Transmisi Lokal Bermunculan, Waspada Klaster Keluarga

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kasus transmisi lokal kembali bermunculan. Kamis (10/9) Tim Gugus Tugas Penanggulangan (TGTP) Covid-19 Pacitan melaporkan dua anggota keluarga pasien terkonfirmasi ikut tertular.

Yakni, pasien ke-94 asal Desa Bogoharjo, Ngadirojo. Terpapar korona lantaran terlibat kontak erat dengan pasien ke-81. Sebelumnya, pasien ke-81 juga tertular dari kasus transmisi lokal yang terjadi di Dusun Barang, Desa Arjowinangun, Kecamatan Pacitan.

Pasien diketahui indekos di tempat tersebut dan telah beberapa kali pulang ke Bogoharjo. Saat ini, kedua pasien menjalani isolasi di wisma atlet di bawah pengawasan petugas dari dinas kesehatan (dinkes). ‘’Beberapa anggota keluarga pasien kami lakukan swab test karena termasuk kontak erat,’’ kata Jubir TGTP Covid-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto.

Kasus transmisi lokal lainnya berasal dari Desa Bangunsari, Kecamatan Pacitan. Pasien ke-95 diduga tertular virus SARS-CoV-2 dari pasien ke-86. Keduanya dikenal kerabat dekat. Sebelumnya, pasien ke-86 terinfeksi korona setelah melakukan perjalanan dari Bekasi. Sesampainya di Pacitan, yang bersangkutan jatuh sakit. Dilakukan tes usap, hasilnya positif Covid-19. ‘’Mereka tinggal satu rumah. Sebenarnya (pasien ke-95) ber-KTP luar Jawa. Tapi, domisili pasien di Pacitan,’’ ungkap kepala diskominfo itu.

Dengan tambahan dua kasus baru, otomatis membuat recovery rate case turun menjadi 86,32 persen. Sampai dengan kemarin, tercatat 11 pasien masih menjalani perawatan. ‘’Kami sudah keluarkan surat edaran bagi warga yang sempat melakukan perjalanan untuk melapor ke RT. Upaya itu dilakukan untuk mencegah persebaran kasus impor (imported case, Red),’’ jelas Rachmad. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close