Madiun

Klaster Baru, Tambah Satu Kasus Positif di Kota Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pulang dari Kota Batu, Malang, untuk menunggui saudaranya yang sakit di rumah sakit, warga Kelurahan Mojorejo, Taman, terinfeksi Covid-19. Itu berdasarkan hasil swab test Pemprov Jatim yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kota Madiun Senin (18/5).

Jubir TGTPP Covid-19 Kota Madiun Noor Aflah mengungkapkan, perempuan 55 tahun itu berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan telah menjalani isolasi di RSUD dr Soedono sejak 6 Mei. Yang bersangkutan mengalami gejala mirip Covid-19. ‘’Ada riwayat dari Batu, Malang,’’ kata Aflah.

Sehari berselang setelah menjalani perawatan di rumah sakit milik Pemprov Jatim itu, spesimen laboratorium dikirim untuk diuji menggunakan metode  polymerase chain reaction (PCR). Hasilnya, swab test baru diketahui kemarin. ‘’Baru diketahui hari ini (kemarin, Red),’’ ujarnya.

Aflah membenarkan bahwa yang bersangkutan memiliki riwayat bepergian dari Kota Batu, Malang. Selama sepuluh hari menunggui saudaranya dirawat di rumah sakit di Kota Apel tersebut. ‘’Yang sakit di Kota Batu itu kakaknya,’’ sebut Aflah.

Menghindari penyebaran klaster dari Kota Apel, TGTPP melakukan tracing (pelacakan) terhadap orang-orang yang pernah kontak. Diketahui delapan orang pernah menjalani kontak erat. Semuanya kini telah diminta isolasi mandiri dengan pantauan ketat petugas kesehatan. ‘’Ada delapan orang yang menjalani kontak erat,’’ ungkapnya.

Kedelapan orang yang pernah kontak itu juga dijadwalkan rapid test  di Puskesmas Mojorejo hari ini (19/5). Dipastikan, tes cepat dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. ‘’Petugas bakal mengenakan APD (alat pelindung diri, Red) lengkap,’’ terang Aflah.

Saat ini, total warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Madiun sebanyak 3 orang. Seluruhnya menjalani perawatan di ruang isolasi. Total PDP mencapai 13 orang. ‘’Tak perlu panik. Tetap waspada. Senantiasa mengenakan masker dan hindari kerumunan,’’ imbaunya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close